Pake Beton Pra-Cetak (Precast), Berapa Duit yang Bisa Dihemat?

Big Banner
Pekerja memberikan semen pada kerangka dinding. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Harga material bangunan kini emang gak murah. Jadi, kudu cari cara baru untuk menghemat bangun rumah. Nah, kalau kamu punya tanah dan berniat bangun rumah di atasnya, mungkin bisa mempertimbangkan terobosan dari Perumnas berikut ini.

Untuk mengefisienkan biaya produksi, Perumnas berinovasi menerapkan konstruksi precast atau menggunakan beton pra-cetak untuk dinding rumah yang lebih ekonomis.

Baca juga: Bangun Rumah Sendiri, Pertimbangkan Hal Ini Dulu Ya

“Mengefisiensikan biaya produksi, Perumnas melakukan inovasi yaitu menerapkan konstruksi precast untuk membangun rumah yang dapat dijangkau oleh konsumen Perumnas,” kata Direktur Produksi Perum Perumnas, Kamal Kusmantoro, seperti dikutip detikFinance, Selasa (18/7).

Perumnas telah melakukan uji coba dengan membangun 2 rumah contoh yang menggunakan precast. Hasilnya? Penggunaan beton precast dengan tebal dinding 7 cm pada rumah tapak ternyata bisa menurunkan harga konstruksi.

Baca juga: Mempercantik Dinding Ga Pake Mahal!

Kalau sebelumnya harga konstruksi sebesar Rp1,8 juta per meter persegi, dengan menerapkan precast kini menjadi berkisar Rp1,2 juta hingga Rp1,4 juta per meter persegi. Berarti bisa menghemat sekitar Rp400-600 ribu untuk setiap meter persegi biaya kontruksi rumah.

Dari segi proses pun, dinding beton precast ini memiliki tekstur halus dan siap untuk pengecatan. Alhasil, rumah yang dibangun bisa jadi lebih cepat dan tentu saja lebih hemat.

Baca juga: Lima Cara Hemat Bangun Rumah Sendiri

Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Perumnas, Galih Prahananto, menambahkan, kelebihan lain dari penerapan beton precast dalam pembangunan rumah murah adalah waktu pengerjaannya yang lebih singkat.

“Kelebihan precast ini masa konstruksinya sangat singkat sekitar dua minggu, hemat dalam penggunaan tenaga kerja, dan dari segi kualitas pun lebih baik daripada menggunakan batu bata,” kata Galih dikutip dari sumber yang sama. Tertarik coba? 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me