Ikut Bantu ART Saat Bangun Rumah dan Memulai Wirausaha

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Sudah sangat jarang kalau mendapati cerita seorang asisten rumah tangga (ART) bisa belasan tahun atau puluhan tahun bekerja di rumah yang sama. Mungkin cerita ini hanya bisa kamu dengar dari kakek nenek atau orang tua kamu.

Atau kamu mengalami sendiri ketika ART yang bekerja di rumah orang tua kamu terbilang betah bekerja bertahun-tahun. Pada jaman baheula, memang hal biasa kalau ART bisa bekerja di atas sepuluh tahun.

Baca juga: Beli Hunian Dapat Diskon Gede Plus Tinggal di Pulau Eksklusif? Wah, Mau Banget

Namun, kadang kala masih ada ART yang bekerja dalam jangka waktu lama. Irvan (50 tahun) malah sudah lupa saat bercerita berapa lama ART bekerja di rumahnya.

“Ya, pokoknya lama banget deh. Saya ingat anak bungsu masih bayi saat pembantu kerja di rumah saya, ya sekarang dia aja mau kuliah kok,” ujarnya seraya tertawa.

Baca juga: Turun Harga Rp 326 Miliar, Tapi Masih Untung Rp 80 Miliar! Kok Bisa?

Dia mengisahkan kalau ART sempat meminta berhenti karena ingin membuka usaha di kampung halamannya. Namun, beberapa kali diurungkan karena anak perempuannya masih keberatan kalau si ART berhenti.

Setelah, anak perempuan Irvan duduk di bangku SMU, asisten rumah tangga mengutarakan lagi niatnya untuk berhenti. Setelah sekian lama, akhirnya permohonan ini dikabulkan.

Baca juga: Seperti Apa Super Penthouse Seharga Rp 1 Triliun?

Baginya, posisi ART juga jadi bagian keluarganya. Jadi ART juga merasa berat untuk berhenti bekerja. Ada hal lain yang dilakukan Irvan kepada ART sehingga betah.

“Kalau dia mudik, dia nggak pulang naik kereta, bis, atau travel lho. Kami sekeluarga yang mengantarkan, naik mobil saya!” ujarnya.

Baca juga: Hati-Hati Godaan Gaya Hidup Bikin Generasi Milenial Ga Bisa Punya Rumah

Bahkan, saat ART benar-benar pensiun, dia ikut membantu membangun rumah dan warung untuk orang yang pernah mengasuh kedua putrinya ini. Dia ikut memenuhi keinginan ART yang berwirausaha setelah tidak lagi bekerja di Jakarta.

“Ya, pas dia pulang terakhir kali. Dia disambut rame banget sama orang kampung. Punya rumah, punya warung,” ujarnya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me