Perumnas Tekan Biaya Konstruksi Dengan Produk Precast

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perumnas melakukan inovasi dan kajian untuk menciptakan produk yang lebih ekonomis. Dari survei yang dilakukan Perumnas mayoritas masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)  di banyak kota hanya sanggup mencicil hunian Rp500 ribuan per bulan.

Rumah-Precast-Perumnas

“Kami melakukan survei di kota-kota padat penduduk di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Dengan kemampuan mencicil seperti itu kami harus melakukan inovasi agar biaya konstruksi lebih rendah dan harga jualnya semakin murah,” ujar Bambang Triwibowo, Direktur Utama Perumnas di Jakarta, Selasa (18/7).

Inovasi yang dikembangkan adalah produk precast melalui proses pabrikasi. Dengan pemakaian produk ini pekerjaannya lebih cepat dan efisien sehingga menekan biaya tanpa mengurangi kualitas. Pengembangan teknologi precast dilaksanakan di laboratorium Perumnas Klender, Jakarta Timur. Direktur Produksi Perumnas Kamal Kusmantoro menyebutkan, pihaknya terus mengembangkan metode konstruksi rumah yang lebih efektif dan efisien dari segi biaya, mutu, dan waktu.

“Pengujian teknologi ini sejak akhir tahun 2016  dan beton precast bisa menjadi salah satu solusi inovasi konstruksi yang berkualitas  namun berbiaya rendah. Masa konstruksinya lebih cepat dua minggu, lebih hemat penggunaan tenaga kerja, dan kualitasnya lebih baik dibandingkan batu bata,” jelasnya.

Perumnas membangun dua rumah contoh dengan teknologi precast di laboratorium. Untuk rumah tapak dengan tebal dinding 7 cm bisa menurunkan biaya konstruksi Rp600 ribu dari Rp1,8 juta/m2 menjadi Rp1,2 juta/m2. Dinding beton precast ini juga memiliki tekstur yang halus dan siap untuk dicat.

“Ini hanya salah satu langkah yang kami lakukan untuk membuat harga rumah bisa lebih murah sebagai langkah strategis kami untuk tetap fokus pada penyediaan hunian murah. Kami akan terus mencari inovasi-inovasi baru untuk menjawab kebutuhan pembangunan rumah massal yang disesuaikan dengan daya beli MBR,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me