Cicilan KPR Sampai Umur 70 Tahun? Kenapa Ga Bisa?

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Pernah membayangkan kalau ada orang yang sudah berusia lanjut atau paruh baya mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Hal ini sebenarnya lazim saja terutama di Indonesia.

Banyak orang yang sudah tua, berusia 50 tahun hingga 70 tahun, mengajukan KPR. Tentunya mereka tidak sedang membeli hunian untuk mereka sendiri. Biasanya mereka membeli untuk putra-putri mereka.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

“Ngapaian punya KPR, udah tua. Padahal dia bukan beli untuk dia sendiri. Dia udah punya rumah, dia mau bantu anaknya, tapi anaknya masih muda, belum selesai sekolah, belum punya penghasilan. Bisa disetujui sepanjang tenor akhirnya di usia 70-an, bisa take over juga oleh ahli waris,” ujar Mortgage & Secured Loan Head UOB Indonesia, Fredy Soekendro kepada Rumah123.

“Kita orang Timur, Indonesia. Kita pikirkan anak-anak kita. Jadi umur 70 tahun pun bisa masuk. Di UOB bisa berikan fasilitas kredit untuk mereka beli untuk anak. Jadi ke depannya, anak-anak mereka bisa punya rumah,” lanjut Fredy.

Baca juga: Punya Audience Lebih Luas, Media Online Bisa Perluas Pasar Bagi Agen Properti

Fredy melanjutkan kalau sepanjang orang tersebut masih produktif meski sudah memasuki usia paruh baya, dia masih bisa mendapatkan KPR.

UOB Indonesia sendiri memberikan KPR dengan tenor hingga 360 bulan atau 30 tahun. Menurut Fredy, cicilan dengan jangka panjang ini memang untuk meringankan nasabah dalam mencicil.

Baca juga: Kalau Ada Cicilan KPR 360 Bulan, Kamu Masih Ga Pengen Beli Rumah?

KPR ini hanya memiliki bunga sebesar 6,99 persen untuk lima tahun pertama khusus untuk perusahaan pengembang yang menjadi rekanan. Setelah itu, bunga mengikuti JIBOR (Jakarta Interbank Offered Rate).

Nah, kalau ada KPR dengan cicilan jangka panjang plus bunga ringan ini seharusnya bisa membantu kamu untuk membeli hunian ya.

Baca juga: Asyik, Jakarta Masih Ramah untuk Para Penyewa Rumah

By the way, tetapi jangan memberatkan orang tua kamu dengan meminta mereka untuk mengambil cicilan KPR ini ya. Sebagai generasi milenial, kamu harus mandiri lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me