Asyik, Jakarta Masih Ramah untuk Para Penyewa Rumah

Big Banner
Jakarta (Rumah123/iStockphoto)

Kabar gembira buat kamu yang menjadi pendatang baru di Jakarta atau memutuskan untuk hidup mandiri keluar dari rumah orang tua. Pilihan untuk kamu adalah menyewa atau mengontrak.

Pilihan untuk menyewa hunian (rumah atau apartemen) memang masuk akal bagi kamu yang baru mulai bekerja atau sedang mencari rumah.

Baca juga: Ramadan Bikin Sepi Pasar Properti? Siapa Bilang?

Pekerja baru tentu memiliki pendapatan terbatas. Sementara bagi kamu yang sedang membeli rumah, menyewa menjadi opsi sebelum mendapatkan hunian idaman.

Perusahaan konsultan besar PricewaterhouseCoopers merilis hasil riset mengenai pendapatan pekerja di sebuah kota dan dikaitkan dengan kemampuan menyewa hunian.

Baca juga: Hanya 17,8 Persen Generasi Milenial Bisa Beli Hunian, Sisanya Masih Ngontrak!

PricewaterhouseCoopers melakukan riset di 30 kota besar dunia di lima benua untuk mencari tahu rata-rata berapa besar penghasilan pekerja dan juga berapa rata-rata harga sewa hunian.

Ada tiga kategori yang ditentukan oleh konsultan yang berkantor pusat di Inggris ini yaitu di bawah 30 persen, antara 31 hingga 40 persen, dan di atas 51 persen.

Baca juga: 3 Kota yang Gak Ramah pada Penyewa Hunian

Lewat riset PricewaterhouseCoopers ini terungkap kalau rata-rata pendapatan pekerja di Jakarta mencapai US 29.000 dollar (Rp 379 juta) per tahun. Sedangkan rata-rata harga sewa hunian mencapai US 10.800 dollar (Rp 141 juta) per tahun.

Artinya seorang pekerja memang mengeluarkan 37 persen dari pendapatannya. Angka ini sebenarnya masih besar karena persentase yang reasonable adalah di bawah 30 persen. Besar sewa di atas 30 persen sudah dianggap sebagai lampu merah.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

Meski begitu, Jakarta masih tergolong ramah bagi mereka yang masih menyewa. By the way, ketimbang menyewa, lebih baik uang sewanya dialihkan menjadi cicilan kredit pemilikan rumah lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me