Mengintip Wajah Baru Ibu Kota Sri Lanka

Big Banner
Port City Colombo (Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek asal Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill (SOM) memenangkan desain sayembara untuk merancang distrik baru bagi ibu kota Sri Lanka, Colombo. SOM mendesain masterplan ini bersama biro arsitektur lanskap Grant Associates.

SOM merupakan biro arsitek yang berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat. Saat ini, biro arsitek yang berdiri pada 1936 ini memiliki sejumlah kantor seperti di San Francisco, Los Angeles, Washington DC, London, Hong Kong, Shanghai, Mumbai, dan Dubai.

Baca juga: Seperti Apa Super Penthouse Seharga Rp 1 Triliun?

Desain ini memperlihatkan sejumlah menara pencakar langit, sebuah marina, kanal-kanal, dan taman. Kawasan ini memiliki luas 269 hektar yang merupakan tanah reklamasi.

Masterplan kawasan ini akan menciptakan wilayah baru untuk perdagangan, pariwisata, dan kebudayaan di Colombo. Kawasan ini akan memiliki koneksi dengan pelabuhan utama dan wilayah rekreasi Galle Face Green.

Baca juga: Beli Hunian Dapat Diskon Gede Plus Tinggal di Pulau Eksklusif? Wah, Mau Banget

SOM dan Grant Associates juga mendesain sebuah rancangan kota yang memiliki keindahan yang bisa dilihat dari seluruh penjuru kota.

Dalam kawasan ini, nantinya akan terdapat banyak ruang publik, taman, pelabuhan baru, kanal, dan juga area pejalan kaki. Area ini akan dilengkapi dengan informasi mengenai geografi, ekologi, dan iklim tropis Sri Lanka.

Baca juga: Desain Eksterior Apartemen Melengkung yang Instagramable

Selain itu, masih ada plaza yang berada di tengah kawasan yang berada di bawah taman, yang  terinspirasi dari taman gantung. Nantinya, memang ada sebuah pusat kebudayaan yang berada di tengah kawasan untuk menarik perhatian orang untuk datang.

“Semua ini merepresentasikan visi baru yang dinamis untuk kota pelabuhan Colombo yang menjanjikan lingkungan urban berkualitas tinggi bagi penghuni dan pengunjung,” ujar biro arsitek SOM seperti dilansir oleh situs desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Bisa Beli Moge, Masa Milenial Ga Bisa Beli Rumah Sih?

“Desain memang dibuat untuk mengakomodasi perkembangan di masa depan dan perubahan dengan kerangka pembangunan berkelanjutan,” lanjut SOM.

Wow, keren kan rancangan Port City Colombo? Kapan ya Indonesia bakal punya kawasan keren seperti ini?

Port City Colombo (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me