Bank BTN Tetap Salurkan KPR Subsidi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Seperti banyak diberitakan, pada tahun ini Bank BTN mengubah skema penyaluran kredit rumah murah bersubsidi dari fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) menjadi subsidi selisih bunga (SSB). Dengan 2 skema ini konsumen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan mendapatkan bunga KPR sebesar 5 persen selama tenor kreditnya.

counter btn

Menurut Managing Director Consumer Bank BTN Handayani, Bank BTN tetap menyalurkan KPR bersubsidi hanya skemanya saja yang berubah. “Khusus tahun ini kami menyalurkan KPR subsidi dengan skema SSB dan bukan FLPP. Ini karena modal kami sudah cukup kuat sehingga bisa menalangi seluruh kredit rumah murah, pemerintah tinggal membayar selisih bunganya saja,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/7).

FLPP membutuhkan anggaran besar karena 90 persen porsinya dari pemerintah sementara 10 persen dari bank. Dengan skema SSB, pemerintah hanya menyediakan anggaran untuk selisih bunga pasar dengan patokan subsidi. Handayani juga menyebut target penyaluran KPR subsidi Bank BTN pada tahun ini masih cukup besar.

Bank BTN memiliki porsi penyaluran KPR subsidi mencapai lebih dari 96 persen sehingga tidak mungkin meninggalkan core business-nya untuk pembiayaan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Untuk tahun ini saja anggaran SSB mencapai Rp312 miliar yang akan cukup untuk membiayai 272 ribu unit rumah murah.

“Justru karena anggaran FLPP dari pemerintah yang dipotong, tapi anggaran SSB diperbesar. Kita alihkan ke SSB supaya anggaran pemerintah bisa dialokasikan untuk proyek infrastuktur sehingga nanti dampak keseluruhannya untuk bisnis properti juga semakin baik. Yang pasti kita tidak akan mengurangi porsi penyaluran KPR subsidi,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me