Jokowi Berjanji Dukung Pembangunan Rumah Subsidi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah berharap pembangunan rumah murah lebih merata dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Presiden Joko Widodo juga berjanji akan terus mengevaluasi bidang ini dan kalau peminatnya banyak alokasi dananya akan ditambah. “Pokoknya swasta (terus saja) membangun pemerintah akan back up dengan kemudahan dan subsidi,” ujar Jokowi pada acara peresmian rumah bersubsidi Griya Setia Bangsa di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7).

Grahapura Kemang

Grahapura Kemang

Di Griya Setia Bangsa akan dibangun sebanyak 1.147 rumah murah tipe 36/108. Rumah yang diresmikan Jokowi  700 unit unit. Presiden memberi apresiasi karena rumah yang dibangun di Griya Setia Bangsa sangat layak huni, kualitas bangunan dan lingkungannya bagus.

Agar rumah yang dibangun semakin banyak dapat terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dibutuhkan sokongan dana lebih besar. Dana tersebut digunakan untuk program subsidi bunga, bantuan uang muka, dan pengembangan infrastruktur penunjang. Prioritasnya diberikan kepada MBR dengan penghasilan Rp3-4 juta per bulan. Dengan subsidi bunga mereka bisa membeli rumah dengan fasilitas KPR berbunga 5 persen selama 20 tahun.

Jokowi  mendapat informasi  kontrak rumah di sekitar Griya Setia Bangsa sekitar Rp600 ribu/bulan. Padahal cicilan rumah yang diresmikan Rp750 ribu selama 15 tahun. Karena itu masyarakat akan lebih memilih membeli. Untuk itu Jokowi mengimbau masyarakat agar segera mengambil rumah dan  pengembang  terus memperbanyak pembangunan.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me