Pembelian Bertahap Bisa Dipindahkan ke BTN

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pelemahan bisnis properti yang berkepanjangan mendapat perhatian serius bank-bank penyalur KPR. Penyaluran KPR untuk hunian bersubsidi sejauh ini tidak terpengaruh tapi untuk segmen menengah ke atas beberapa tahun terakhir terus merosot.  Bank BTN yang fokus dalam pembiayaan perumahan juga ikut kena dampak.

BTN

“KPR menjadi porsi terbesar (pembiayaan) kami, saat ini porsinya 51 persen untuk penyaluran KPR bersubsidi dan 49 persen KPR non subsidi atau komersial. KPR komersial ini yang kami gerakkan supaya bisa menggeliatkan bisnis properti,” ujar Managing Director Consumer Bank BTN Handayani,  kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (25/7).

Sebagian besar penyaluran KPR komersial diberikan kepada pembeli rumah pertama (first home buyer). Harga residensial di segmen ini mayoritas Rp300 jutaan sehingga BTN menerapkan berbagai terobosan dan program untuk memperbesarnya. Produknya mencakup rumah biasa (landed house) dan apartemen. Sekarang pengembangan apartemen Rp300 jutaan paling semarak, bukan saja di sekitar Jakarta (Bodetabek) tapi di berbagai kota lain. Handayani mengatakan, BTN akan memberi perhatian khusus dan memperluas pasar di Indonesia Timur karena kebutuhan huniannya terus meningkat.

BTN juga mengajak kalangan pengembang memberikan subsidi bunga KPR untuk periode tertentu, misalnya 1-2 tahun. Subsidi ini digabung dengan program bunga lebih rendah dari BTN diharapkan dapat menggairahkan pasar.  “Penawaran hunian Rp300 jutaan cukup besar tapi konsumen kesulitan cara bayar, makanya kita sediakan pola-pola seperti ini bekerja sama dengan pengembang. Kita juga mengeluarkan gimick khusus, misalnya KPR di-bundling dengan furnitur, otomotif, dan sebagainya,” ujarnya.

Handayani juga menawarkan kepada konsumen dan developer yang bertransaksi secara tunai bertahap (installment) 3-5 tahun terutama untuk produk apartemen untuk memindahkan ke BTN.  Syaratnya akan dipermudah, BTN hanya meminta riwayat transaksi konsumen selama 1 tahun. Bila pembayarannya lancar KPR/KPA langsung disetujui tanpa perlu syarat lain, seperti slip gaji dan rekening tabungan.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me