BTN Hentikan FLPP, MBR Tetap Bayar DP Cuma 1 Persen

Big Banner

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Bank Tabungan Negara (BTN) resmi menghentikan penyaluran pembiayaan rumah FLPP.  Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang identik dengan golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) ini tak lagi bisa diakses melalui bank pelat merah ini.

Meski sudah menghentikan FLPP, tak berarti MBR kehilangan akses pembiayaan perumahannya. BTN mengalihkan dana pembiayaan FLPP menjadi Subsidi Selisih Bunga (SSB).

Baca juga: 12-20 Agustus 2017, BTN Berikan Bunga KPR Termurah, Ayo Wujudkan Punya Rumah!

“(Lewat) Subsidi selisih bunga, pemerintah memberikan subsidi dari bunga 12 bulan BI, (yakni) 5 %, atau setara bunga KPR subsidi,” kata Direktur Consumer Banking BTN, Handayani, saat dihubungi Rumah123Kamis (27/7) siang.

Meski mengusung nama berbeda dengan FLPP, Handayani memastikan tidak akan ada perbedaan perlakuan bagi konsumennya.  “Tidak ada pengaruh bagi konsumen, ini hanya pendanaan bagi bank. Bunga tetap 5% selama maksimal jangka waktu 20 tahun.”

Baca juga: Pekerja Informal yang Berpendapatan Rp1,8-2,8 Juta pun Bisa Dapat Kredit BTN

Pola pengajuan KPR-SSB ini masih sama dengan FLPP. Nasabah bisa mendapatkan rumah dengan uang muka (DP) sebesar 1 persen. Pun dengan persyaratan lainnya.

MBR yang ingin mengajukan pembiayaan SSB untuk rumah tapak, disyaratkan berpenghasilan maksimum Rp4 juta. Sementara untuk rumah susun, MBR yang disasar menjadi lebih luas, yakni mereka yang berpenghasilan maksimal Rp7 juta.

Sebelumnya diberitakan bahwa sejak Januari 2017, BTN tak lagi menyalurkan FLPP. BTN mengalihkan subsidi perumahan dari menjadi Subsidi Selisih Bunga (SSB).

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me