Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

Big Banner
Union Station, Los Angeles, Amerika Serikat (Rumah123/Dezeen)

Otoritas transportasi kota Los Angeles, California, Amerila Serikat yaitu Los Angeles Metropolitan Transportation Authority telah merilis sebuah film pendek mengenai proposal untuk merenovasi stasiun kereta Union Station yang bersejarah.

Los Angeles Metropolitan Transportation Authority membeli stasiun ini pada 2011 dan berencana mengubahnya menjadi lebih kekinian. Nantinya, stasiun baru berbentuk lingkaran dengan eksterior dari kaca.

Baca juga: Beli Hunian Dapat Diskon Gede Plus Tinggal di Pulau Eksklusif? Wah, Mau Banget

Dua biro arsitek, Grimshaw Architects (Inggris) dan Gruen Associates (Amerika Serikat) berkolaborasi untuk mengembangkan masterplan stasiun ini.

Renovasi dilakukan untuk memperbarui stasiun bergaya Art Deco yang dibangun pada 1939 ini dan membuat fungsi stasiun lebih efisien serta menyediakan pengalaman bepergian yang menyenangkan bagi pengguna kereta api.

Baca juga: Desain Eksterior Apartemen Melengkung yang Instagramable

Sebuah struktur besar dari material kaca akan berada di bagian tengah stasiun. Pengunjung dan pengguna kereta bisa melihat pemandangan rel kereta serta lanskap kota Los Angeles.

Ada sejumlah penambahan dalam stasiun ini termasuk jalur rel kereta cepat dan perubahan pola perjalanan kereta. Hal ini memungkinkan kereta bisa berangkat tanpa harus berputar.

Baca juga: Mengintip Wajah Baru Ibu Kota Sri Lanka

Sejumlah fasilitas baru akan ditambahkan mulai dari toko, restoran, ruang tunggu, plaza, dan masih banyak lagi seperti tangga berjalan dan lift. Biaya renovasi ini diperkirakan mencapai US 1,7 miliar (Rp 22 triliun) hingga US 2,1 miliar (Rp 27 triliun).

Selain desain ini, ada juga desain lain yang menawarkan rancangan stasiun bawah tanah. Namun, biayanya jauh lebih mahal yaitu US 2,2 miliar (Rp 28 triliun) hingga US 2,6 miliar (Rp 34 triliun).

Baca juga: Museum Perang yang Tersembunyi di Bawah Tanah

Wah, kalau di luar negeri banyak ya stasiun kereta yang berdesain keren. Kapan ya ada stasiun kereta kekinian di Indonesia.

By the way, buat para pemakai commuter line, mungkin tahu kalau stasiun Manggarai sedang direnovasi. Kalau sudah jadi, bakal tampil lebih keren nggak ya?

Union Station, Los Angeles. Amerika Serikat (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me