Para Insinyur Siap Berikan Solusi untuk Millennium Tower yang Amblas

Big Banner
Millennium Tower, San Francisco, Amerika Serikat (Rumah123/Dezeen)

Millennium Tower yang berada di San Francisco, Amerika Serikat semakin amblas ke dalam tanah 2,4 cm. Saat ini, menara pencakar langit ini sudah turun hingga 43 cm!

Sejak dibuka pada 2008, gedung ini sudah mengalami penurunan. Dalam tujuh bulan terakhir saja, bangunan ini sudah turun 2,5 cm lebih. SFGate melansir kabar tersebut.

Baca juga: Facebook Bangun 1.500 Hunian, Siapa Generasi Milenial yang Mau Tinggal Di Sini?

Selain itu, Millennium Tower juga sudah miring sejauh 36 cm dari posisi semula ke arah utara. Bahkan, atapnya sudah lebih dulu bergeser 5 cm dari posisi semula pada Januari 2017.

Millennium Tower adalah bangunan mixed use yang terdiri dari hunian dan komersial yang dibangun sejak 2005 dan selesai pembangunannya pada 2009. Biaya pembangunan mencapai US 350 juta dollar (Rp 4,5 triliun).

Baca juga: Seperti Apa Super Penthouse Seharga Rp 1 Triliun?

Bangunan setinggi 197 meter ini memiliki 58 lantai. Biro arsitek asal Amerika Serikat, Handel Architects mendesain menara pencakar langit.

Belum lama ini, perusahaan konsultan teknik Arup Group merilis laporan yang menunjukkan kalau rata-rata penurunan bangunan memang konstan dan keretakan bangunan terus terjadi pada lantai basement.

Baca juga: Desain Eksterior Apartemen Melengkung yang Instagramable

Perusahaan pengembang Millennium Partners yang membangun Millennium Tower telah memanggil dua firma konsultan teknik untuk mengatasi dan memberikan solusi guna mencegah bangunan ini terus miring dan amblas serta bisa mengembalikannya lagi.

LERA dan DeSimone Consulting Engineers telah memberikan proposal untuk melakukan pengeboran untuk memasukkan 50 hingga 100 pipa fondasi baru dari lantai basement hingga lapisan tanah keras sedalam 61 meter.

Baca juga: Mengintip Wajah Baru Ibu Kota Sri Lanka

Kedua konsultan ini menyatakan kalau Millennium Tower membutuhkan 900 pilar tambah hingga kedalaman 28 meter. Biaya untuk pemasangan ini mencapai US 150 juta dollar (Rp 1,9 triliun).

Millennium Partners menyatakan kalau bangunan dalam keadaan aman. Meski begitu, harga apartemen ini sudah menurun drastis. Sejumlah pihak menyarakan kalau renovasi ini bisa dilakukan tanpa memindahkan penghuni.

Baca juga: Museum Perang yang Tersembunyi di Bawah Tanah

Biaya renovasi yang besar masih menjadi perdebatan antara Millennium Partners, Asosiasi penghuni gedung, dan Transbay Transit Center. Pemilik gedung menyalahkan pembangunan Transbay Transit Center sebagai penyebab amblasnya gedung tetapi terungkap fakta kalau gedung sudah mulai “tenggelam” sebelum Transbay dibangun.

Wah, kalau menara miring Pisa di Italia keren ya? Banyak orang yang datang dan berfoto di depan bangunan yang awalnya tidak miring itu. Kalau tinggal di Millennium Tower malah ngeri.

Baca juga: Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

By the way, bahaya juga ya kalau tinggal di apartemen yang miring. Alhamdulillah kalau nggak ada apartemen seperti ini di Indonesia ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me