Kenaikan Harga Rumah Sudah Dua Digit! Kamu Sudah Investasi Rumah, Belum?

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Konsultan properti terkemuka Knight Frank merilis laporan Global Residential Cities Index belum lama ini. Sejumlah temuan terungkap dalam laporan ini.

Dalam kuarter pertama 2017 ini, terjadi kenaikan harga hunian secara global. Kota-kota di Tiongkok memimpin dalam daftar kenaikan harga hunian sedunia. Ada tujuh kota di Tiongkok yang masuk dalam daftar sepuluh besar.

Baca juga: Saat Pasokan Hunian Berlebih, Penyewa Bisa Nego Harga Lho

Secara rata-rata, harga rumah di 20 kota Tiongkok naik 15,9 persen dalam tiga bulan pertama 2017. Dalam kuarter penutup pada 2016, harga hunian di Tiongkok malah mencapai 19,2 persen.

Kenaikan harga hunian secara keseluruhan ini justru terjadi pada kota-kota kecil di Tiongkok. Kenaikan harga hunian di Wuxi dan Nanjing yang berada di provinsi Jiangsu, Tiongkok mencapai 31,7 persen dan 28,8 persen.

Baca juga: Asyik, Jakarta Masih Ramah untuk Para Penyewa Rumah

Sementara kenaikan harga properti di Zhengzhou, provinsi Henan mencapai 25,4 persen. Tiga kota ini menempati tiga posisi teratas dari 150 kota yang masuk riset Knight Frank.

Sementara Shanghai dan Beijing hanya mengalami kenaikan sebesar 19,7 persen dan 20,5. Sebelumnya, Shanghai dan Beijing menempati posisi tiga dan enam pada riset tahun lalu. Namun, pada 2017 ini, peringkat kedua kota ini melorot ke posisi 13 dan 12.

Baca juga: 3 Kota yang Gak Ramah pada Penyewa Hunian

Knight Frank menyatakan kalau perlambatan kenaikan harga rumah terkait peraturan pemerintah yang ketat termasuk tingginya uang muka atau down payment (DP) dan juga terbatasnya pembelian rumah bekas.

Secara keseluruhan, perusahaan konsultan asal Inggris ini menyatakan kalau harga hunian di 150 kota naik rata-rata 6,9 persen pada kuarter pertama 2017. Hal ini menjadi yang tertinggi dalam kuarter awal dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

Dari 123 kota atau 82 persen tercatat kenaikan harga hunian yang positif. Bahkan 40 kota di antaranya mencatatkan kenaikan dua digit atau di atas 10 persen!

Kenaikan harga hunian ini tentunya harus menjadi pelajaran buat kamu lho. Untuk kamu yang menjadi investor, properti selalu mengalami kenaikan yang signifikan bukan?

Baca juga: Hanya 17,8 Persen Generasi Milenial Bisa Beli Hunian, Sisanya Masih Ngontrak!

Bayangkan kalau ada hunian yang harganya bisa naik hingga 31,7 persen per tiga bulan? Bagaimana kalau kamu memilikinya selama 10 tahun, berapa harga kenaikannya?

Sementara bagi kamu yang belum punya rumah, ini sinyal peringatan lho kalau harga rumah terus meroket setiap tiga bulan! Masih menunda beli hunian?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me