Lirik Potensi Bekasi, SSS Bangun Vasanta Innopark

Big Banner

BERITA PROPERTI – Bekasi kini menjadi salah satu wilayah primadona bagi para pengembang properti, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar wilayah Bekasi. Selain di dukung dengan infrastruktur yang sudah ada maupun yang kini tengah dibangun, Bekasi juga menjadi wilayah yang strategis karena dekat dengan Kota Jakarta serta masuk dalam proyek pemerintah berskala Nasional.

Salah salah satu wilayah di Bekasi yang kini menjadi sorotan pengembang properti yakni kawasan Cibitung, yang dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia tenggara. Banyaknya kegiatan industri di Cibitung, menjadikan kawasan ini berpotensi dalam pengembangan hunian.

Menjawab tingginya permintaan hunian, PT Sirius Surya Sentosa (SSS) akan membangun kawasan superblok Vasanta Innopark. Sebuah kawasan terpadu yang mengusung konsep integrated City Within a city, yang kental dengan nuansa Jepang. SSS akan membangun proyek superblok dengan rencana pengembangan seluas 100 hektar. Tahap pertama, perusahaan akan mengembangkan 12 hektar, yang didalamnya akan terdapat 17 tower. Tower-tower tersebut terdiri dari apartemen, office, hotel, universitas dan mal.

”Perkembangan Bekasi yang semakin pesat menjadi salah satu alasan kami menggarap Vasanta Innopark ,” ujar President Director Sirus Surya Sentosa Reggi Widjaja saat gathering marketing dan MoU dengan pihak Institute Teknologi Bandung (ITB), Kamis (27/7) lalu. PT Sirius Surya Sentosa dan ITB akan mengembangkan Technopark Univesity di Kawasan Vasanta Innopark.

Penandatanganan kerja sama ini, kata Reggi, menjadi bukti bergabungnya kampus dan pusat penelitian ITB Technopark ke dalam kawasan Vasanta Innopark. Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan, ITB tertarik membangun Technopark University di kawasan Vasanta Innopark karena letaknya persis di pusat kawasan industri MM2100. Langkah ini juga mendekatkan salah satu visinya menjadi enterpreneur university atau perguruan tinggi yang bisa menciptakan enterpreneur. “Sejak awal 2016 kami telah mencanangkan menjadi enterpreneur university. Untuk mengujudkan itu kami harus dekat dengan Teknopark dan kawasan industri,” kata Kadarsah.

Selain itu, menurut Kadarsah, dengan mengembangkan ITB Technopark di Vasanta Innopark maka akan mendekatkan mahasiswa ITB dengan pasar dan kesempatan. Pasalnya, sudah banyak perusahaan mengembangkan pabrik di kawasan industri MM2100.

Gedung ITB Technopark Bekasi ini, tambahnya diperuntukan bagi pusat riset hingga program studi pasca sarjana S2 dan S3 vokasi (terapan) di bidang nanotechnology and advance science, automotive and transportation industry, hingga bio energy and environment management.

Reggi menambahkan, selain ITB, pengembang Vasanta Innopark juga akan mengundang perguruan tinggi berstandar internasional seperti universitas yang berasal dari Jepang dan kampus lain di wilayah Bekasi dan sekitarnya untuk bergabung. Jika rencana ini terwujud, butuh area seluas 12 ribu meter persegi untuk kampus dan pusat penelitian yang terdiri dari 10 lantai dan 2 basement yang mampu menampung 7.500 – 10 ribu orang yang terdiri dari tenaga pengajar, mahasiswa, dan tenaga penunjang lainnya.

Dijelaskan Reggi, pembangunan Vasanta Innopark tahap pertama akan dimulai pada awal 2018 dan rampung pada 2020. Salah satu apartemen yang akan dibangun adalah Tower Aoki dengan berisi 840 unit terbagi menjadi 3 tipe yakni tipe studio seluas 26 meter persegi, tipe satu kamar seluas 34 meter persegi, dan tipe dua kamar 42 meter persegi. Ada pula 216 shophouses (ruko) di tahap pertama pembangunan dan siap dipasarkan secara serentak. (arul)

propertynbank.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me