Penyewa Betah, Kamu pun Bisa Tambah Kaya!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock Photo

Kalau kamu punya hunian lebih, adalah ide yang bagus untuk menyewakannya. Selain kamu mendapat pemasukan tambahan, hunianmu akan ada yang merawat.

Akan tetapi, kalau kamu belum pernah menyewakan hunian, perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini seperti dikutip dari duitpintar.com

Tentukan Target Penyewa 

Mulailah menentukan target penyewa saat awal kamu menjalankan usaha sewa. Pasalnya, ini sangat memengaruhi jenis properti yang akan kamu pilih. Misalnya, bila kamu ingin menyewakan apartemen kepada kaum ekspatriat, tentunya carilah apartemen yang lebih mewah dan dekat dengan kawasan bisnis dan perkantoran.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Properti

Tetapkan Harga yang Kompetitif

Sebelum memasang harga sewa, pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu, demi menemukan harga sewa yang kompetitif. Jangan memasang harga terlalu tinggi dan terlalu rendah. Boleh saja kamu pasang harga tinggi asal memberikan nilai lebih, Contohnya, unit apartemen yang sudah fulll furnish sehingga walaupun mahal ada nilai lebih yang ditawarkan.

Bikin Detail Perjanjian 

Cobalah buat perjanjian tertulis (hitam di atas putih) antara kamu selaku pemilik dengan calon penyewa. Lalu ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Buat isi perjanjian sejelas mungkin. Misalnya, apakah uang sewa sudah termasuk biaya listrik, air dan lain sebagainya, serta jadwal pembayaran yang telah disepakati. Perjanjian bersifat detail ini bertujuan meminimalisasi konflik di kemudian hari.

Baca juga: 6 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Penyewa Properti

Hadirkan Keamanan dan Kenyamanan

Tahap awal akan menentukan apakah penyewa betah tinggal di hunianmu. Apakah dia akan melanjutkan di bulan atau tahun berikutnya itu tergantung pada keamanan dan kenyamanan selama dia menyewa.

Maka dari itu, pastikan semua fasilitas yang kamu berikan berjalan aman dan nyaman.  Yang tak kalah penting adalah selalu mengganti kunci pintu bila penyewa telah berganti ke penyewa yang lain.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me