Bersih-Bersih Rumah Yuk! Sebelum Tikus dan Kecoak Sering Bertamu!

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Punya rumah, tapi malas membersihkannya, berarti kamu kurang bersyukur. Kenpa begitu? Karena ga setiap orang bisa punya rumah. Ada yang masih menabung untuk uang muka (DP) rumah, ada yang masih harus menunggu prosesnya, ada yang malah ga kebeli-beli itu yang namanya rumah.

Paham kan sekarang? Kenapa kamu harus membersihkan rumahmu. Selain sebagai wujud syukurmu karena sudah punya rumah, rumah yang jarang dibersihkan bisa mendatangkan kuman penyakit dan tak sedap dipandang.

Baca juga: Bersih-Bersih Keset, Penting Loh…

Idealnya, setiap ruangan di rumah dibersihkan secara rutin. Lantai sebaiknya disapu dan dipel setiap hari. Juga debu yang menempel di perabot sebaiknya dilap setiap hari.

Membersihkan rumah kadang memang makan waktu  banyak. Namun, ada beberapa bagian rumah yang memang harus dibersihkan setiap hari agar kebersihan dan kerapihan rumah tetap terjaga. Berikut ini ruangan rumah yang harus bersih setiap saat:

Dapur

Jangan pernah tinggalkan dapur dalam keadaan kotor dan berantakan selepas aktivitas memasak dan makan. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran bekas masak dan makan ini akan menimbulkan bau tak sedap dan mengundang tikus masuk ke dapurmu.

Menunda membersihkan counter top dapur dari debu dan kotoran bekas memasak akan menyebabkan sulitnya menghilangkan kotoran tersebut. Kotoran di atas counter top ini hanya akan hilang apabila segera dibersihkan setiap hari.

Baca juga: Cara Ini Bikin Dispenser Kamu Bersih dan Awet, Lho (Bagian 1)

Piring makan jangan kamu biarkan menumpuk di bak cucian. Bila tak sempat mencucinya setelah makan, cucilah saat pagi sebelum kamu beraktivitas atau saat malam sebelum kamu pergi tidur. Sisa makanan yang telat dibersihkan akan membentuk endapan sehingga susah dibersihkan.

Kamar Tidur

Melihat kamar tidur yang tertata rapi saat kamu pulang ke rumah tentunya akan bikin perasaanmu menjadi lebih baik. Pastikan selalu melipat selimut dan merapikan tempat tidur setiap pagi sehabis kamu bangun tidur. Tempat tidur yang rapi akan membuat kesan rapi pada keseluruhan ruangan.

Baca juga: Ajak Dong Anggota Keluarga Bersih-bersih Rumah

Selain itu bersihkanlah benda-benda yang berada di samping tempat tidurmu semisal meja kecil di samping tempat tidur atau lampu tidur. Benda-benda ini haruslah bebas dari debu karena menjadi barang yang paling dekat dengan kamu saat tidur. Jika terdapat banyak debu di sana, kemungkinan kamu akan menghirup debu saat paling rentan, yakni saat kamu tidur.

Wastafel Kamar Mandi

Jika kamu sering menggosok gigi di wastafel kamar mandi, pastikan bahwa setelah melakukan aktivitas ini kamu sudah membersihkan gumpalan bekas pasta gigi hingga bersih tanpa bekas. Begitu pula jika kamu sering berias di wastafel kamar mandi, bersihkan ceceran bubuk bedak atau bekas riasan lainnya usai berdandan.

Baca juga: Siapa Mau Punya Rumah Bersih dan Sehat?

Membersihkan langsung wastafel kamar mandi setelah digunakan adalah hal wajib, terutama jika kamu menaruh banyak peralatan mandi di atas wastafel.

Kamu juga mesti rajin membersihkan kamar mandi. Jangan sampai tempat ini kotor, berjamur, dan lembap. Demikian juga dengan dapur yang pastinya kotor oleh noda minyak, makanan, dan debu.

Gudang

Jangan ketinggalan juga gudang.  Kamu biasa menaruh banyak barang di tempat ini, namun mengabaikan kebersihannya. Kalau kamu malas membersihkannya, kamu mesti bersiap kedatangan tikus dan kecoak. Hiii…!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me