Kantor Pemerintahan yang Mudah Diakses Publik, Kayak Gimana Sih?

Big Banner
Kawasan Kantor Pemerintahan Norwegia yang Didesain oleh G8+ (Rumah123/Dezeen)

Direktorat Pemerintah Norwegia untuk urusan Konstruksi Publik dan Properti, Statsbygg telah mengumumkan dua kandidat utama untuk proyek renovasi kawasan Regjeringskvartalet, kawasan pemerintahan di ibu kota Norwegia, Oslo.

Kawasan ini akan direvitalisasi setelah serangan teroris pada 2011 silam. Master plan pemenang akan dibangun dan menggantikan kawasan gedung pemerintahan yang ada saat ini.

Baca juga: Rumah Modern Mid-Century yang Penuh Karya Seni

Perkantoran di kawasan ini merupakan kantor sejumlah kementerian dan juga kantor Perdana Menteri Norwegia. Sejumlah kementerian seperti keuangan, hukum dan kepolisian, pendidikan dan riset, transportasi dan komunikasi, kebudayaan, serta pertanian dan pangan berada di kawasan ini.

Lantas masih ada departemen administrasi pemerintah, reformasi, dan urusan gereja; pemerintah lokal dan pembangunan regional; anak, kesetaraan, dan masalah sosial; minyak dan energi; perdagangan dan industri; kesehatan dan pelayanan; serta perburuhan.

Baca juga: Menyatukan Bangunan Baru dengan Bangunan Lama? Bikin Aja Jadi Kontras

Statsbygg telah mengumumkan dua kandidat utama dari sederetan desain dan master plan yang mengikuti kompetisi. Para kandidat diminta mendesain kompleks bangunan pemerintahan yang modern, punya ruang publik, dan memiliki standar keamanan.

Salah satu tim ini bernama G8+ yang terdiri dari biro arsitek LPO, A-Lab, dan Ratio; serta biro desain interior Lark, biro arsitek lanskap Gullik Gulliksen, konsultan rekasaya teknik Sweco, serta konsultan Norconsult serta Dr Techn Olav Olsen.

Baca juga: Desain Eksterior Apartemen Melengkung yang Instagramable

G8+ menciptakan sebuah kawasan baru dan rute pejalan kaki yang berkesinambungan dalam kluster kantor pemerintahan yang bersifat privat. Proposal yang ditawarkan G8+ ini mencakup wilayah publik yang cukup luas.

Konsep proposal ini ingin menciptakan kantor pemerintahan yang mudah diakses dan menjadi bagian aktif dalam kota. Selain itu, menjadi wujud dan simbol pemerintah yang bertanggung jawab, aman, dan demokratis.

Baca juga: Yuk, Mampir ke Rumah John Legend dan Chrissy Teigen

“Proyek ini berfokus pada ruang publik dan pada bagian lain, kawasan yang aktif,” ujar juru bicara tim G8+ seperti dikutip oleh laman arsitektur dan desain, Dezeen.

Kawasan Regjeringskvartalet ini sendiri pernah diserang oleh teroris beraliran ultra kanan, Anders Behring Breivik pada 22 Juli 2011. Serangan teroris oleh Breivik ini memang bermotif politik.

Baca juga: Mengintip Wajah Baru Ibu Kota Sri Lanka

Setelah meledakkan bom di pusat kota Oslo, Breivik pergi ke Pulau Utoya dan menembak mati 69 orang yang kebanyakan remaja dan sedang menghadiri perkemahan musim panas terkait Partai Buruh beraliran sosial demokrat.

Hmm, keren juga ya desain dan master plan yang dibuat oleh G8+ ini. Pernah membayangkan nggak sih kalau kantor pemerintahan di Indonesia keren seperti ini?

Baca juga: Kantor Nike Keren Abis, Mau Kerja di Sini Ga?

Biasanya kan kantor pemerintahan desainnya nggak keren gitu kan? Nggak asyik dan juga nggak mudah diakses padahal aparat pemerintahan itu seharusnya jadi pelayan masyarakat kan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me