Plastik, Dari Kresek Hingga Bahan Baku Aspal

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Plastik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia karena fungsinya yang sangat luas mulai dari kantong, pembungkus, perkakas, dan sebagainya. Hanya saja, di tengah manfaat plastik yang sangat besar, dampak material ini terhadap lingkungan juga sangat luas dan kita termasuk penyumbang sampah plastik terbesar dibandingkan negara lain.

sampah-plastik

Sekarang sampah plastik sudah bisa dimanfaatkan untuk dijadikan produk alternatif dan hal ini telah dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenpupera berhasil mengembangkan aspal plastik untuk solusi pemanfaatan limbah plastik.

“Setiap 2,5 ton-5 ton sampah plastik bisa digunakan untuk membuat 1 km jalan dengan lebar 7 m. Jumlah sampah platik di Indonesia pada tahun 2019 diperkirakan mencapai 9,25 ton atau 14 persen dari total volume sampah, kalau ini dimanfaatkan bisa dibuat untuk jalan sepanjang 190 ribu km,” ujar Danis H. Sumadilaga, Kepala Balitbang Kemenpupera saat melaksanakan uji coba aspal plastik di Universitas Udayana Bali, akhir pekan lalu.

Ada beberapa kelebihan aspal berbahan baku plastik ini dibandingkan aspal alam. Danis menyebut, aspal platik memiliki ketahanan yang lebih baik dengan peningkatan stabilitas mencapai 40 persen dibandingkan aspal biasa. Hal ini akan membuat kinerja jalanan yang menggunakan aspal plastik menjadi lebih baik.

Pemanfaatan limbah plastik untuk aspal ini sendiri merupakan kerja sama Kemenpupera dan Kementerian Koordinator Kemaritiman. Nantinya, untuk menyuplai limbah plastik yang akan digunakan sebagai bahan baku aspal ini akan disediakan dari Kemenko Kemaritiman dan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (Adupi) yang ada di 16 kota besar.

“Jadi ada 2 fungsi yang bisa tercapai, material aspal dan pengurangan sampah plastik yang signifikan. Uji coba tahap awal ini dilakukan utuk panjang jalan 700 m di Universitas Udayana. Nantinya aspal plastik ini akan kita terapkan juga untuk jalan nasional di Jakarta, Bekasi, dan Surabaya pada bulan Agustus ini,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me