4 Proyek Strategis Akan Dikerjasamakan Dengan Jepang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menjalin kerja sama dengan Japan International Coooperation Agency (JICA) untuk pengembangan beberapa proyek infrastruktur. Pada tahun ini ada 4 proyek infrastruktur strategis yang akan dikerjakan pemerintah bersama JICA.

Ilustrasi : Mass Rapid Transit

Ilustrasi : Mass Rapid Transit

“Keempat proyek tersebut adalah mass rapid transit (MRT), jalan akses Pelabuhan Patimban Subang, proyek kereta cepat di Pulau Jawa, dan jalan tol Trans Sumatera. Bahkan nantinya kerja sama ini akan berlanjut ke proyek lainnya khususnya untuk di luar Jawa agar pemerataan bisa segera tercapai,” ujar Menpupera Basuki Hadimuljono, saat menerima Presiden JICA Shinichi Kitaoka di Kantor Kemenpupera Jakarta, pekan ini.

Perincian proyek yang akan dikerjakan 2 negara ini yaitu akses jalan Pelabuhan Patimban yang sudah beroperasi sebagian pada Maret tahun lalu. Hanya saja diperlukann dukungan jalan akses pelabuhan sepanjang 8,1 km sebanyak 4 lajur 2 arah yang akan terhubung dengan jalan nasional. Bahkan nantinya jalan pelabuhan ini akan tersambung dengan jalan tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Sementara untuk jalan tol Trans Sumatera yang akan diprioritaskan pada ruas Padang-Pekanbaru sepanjang 240 km. Nantinya dari Pekanbaru menuju Dumai bisa tersambung ke ASEAN Highway di Malaysia. Jalan tol ini akan menjadi outlet langsung ke Malaysia dengan perkiraan biaya mencapai Rp35 triliun.

“Begitu juga untuk proyek MRT dan kereta cepat, itu semua layak ditawarkan ke pihak JICA. Mereka juga meminta hitungan dan jaminan dari pemerintah untuk membahas sistem pembiayaannya, makanya dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan yang membahas hal lebih detil,” pungkas Basuki. Yudis

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me