Fasad Piksel Bikin Penghuni Apartemen Punya Pemandangan 270 Derajat

Big Banner
The Sax yang Didesain oleh MVRDV di Rotterdam, Belanda (Rumah123/Dezeen)

Sebuah menara pencakar langit akan dibangun di kota Rotterdam, Belanda. Bangunan apartemen ini akan menampilkan fasad piksel pada ratusan jendelanya.

Biro arsitek asal Belanda, MVRDV mendesain bangunan bernama The Sax ini. MVRDV merupakan firma yang berkantor pusat di Rotterdam.

Baca juga: Menyatukan Bangunan Baru dengan Bangunan Lama? Bikin Aja Jadi Kontras

Firma ini berdiri pada 1993 dan didirikan oleh tiga arsitek Belanda yaitu Jacob van Rijs, Winy Maas dan Nathalie de Vries.

The Sax terdiri dari dua menara. Salah satu menara memiliki tinggi 150 meter. Kedua menara ini terhubung dengan jembatan.

Baca juga: Yuk, Mampir ke Rumah John Legend dan Chrissy Teigen

Bangunan ini merupakan mixed use yang terdiri dari apartemen, pertokoan, restoran, bar, cafe, serta hotel. Selain itu, ada teras, plaza, dan ruang publik.

Bagian The Sax yang berbentuk menara terdiri dari 450 unit apartemen. Sementara bagian yang lebih rendah dan mirip blok horisontal merupakan hotel yang memiliki 150 kamar.

Baca juga: Mengintip Wajah Baru Ibu Kota Sri Lanka

Yang unik dari bangunan ini adalah fasad berupa jendela besar yang akan menutupi seluruh dinding eksterior menara. Jendela besar ini terentang dari lantai hingga langit-langit. Hal ini membuat penghuni apartemen bisa memiliki pemandangan hingga 270 derajat.

“Rotterdam lebih dari kota yang memiliki banyak menara pencakar langit dan The Sax akan menambahkan elemen dari koleksi bangunan yang sudah ada,” ujar co-founder MVRDV, Jacob van Rijs seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain, Dezeen.

Baca juga: Kantor Nike Keren Abis, Mau Kerja di Sini Ga?

“Fasad menampilkan reintepretasi kontemporer dari jendela yang menghadap teluk, menyajikan pemandangan pada setiap unit dengan keuntungan yang membuat apartemen terkesan individual dan unik dalam kompleks yang besar. Efek jendela menambahkan dimensi tambahan serta pengalaman tersendiri dalam menyaksikan kota Rotterdam,” lanjut van Rijs.

MVRDV mendesain bentuk yang tidak biasa ini dengan ambisi bisa menciptakan siluet sebuah bangunan yang bisa dikenali dari sisi lain bangunan.

Baca juga: Kantor Pemerintahan yang Mudah Diakses Publik, Kayak Gimana Sih?

The Sax berlokasi di dermaga Wilhelmina, Rotterdam. Menara pencakar langit ini akan bertetangga dengan sejumlah bangunan baru seperti kompleks De Rotterdam yang didesain oleh biro arsitek OMA, Jembatan Erasmus yang dirancang oleh UNStudio, serta menara KPN Telecom yang didesain oleh Renzo Piano.

Wow, pemandangan 270 derajat? Wah, kebayang deh kalau tinggal di apartemen ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dermaga dan juga kota Rotterdam. Mau beli apartemen di sini nggak?

Baca juga: Berani Bermain Warna? Lihat Cafe Ini Deh

The Sax yang Didesain oleh MVRDV di Rotterdam, Belanda (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me