Kantor Pemerintahan yang Kekinian, Wah Jadi Pengen Kerja di Sini

Big Banner
Kantor Pemerintahan Norwegia yang Didesain oleh Team Urbis (Rumah123/Dezeen)

Team Urbis yang merupakan kolaborasi sejumlah biro arsitek, desain, dan konsultan teknik memperlihatkan desain dan masterplan peremajaan Regjeringskvartalet.

Kawasan ini merupakan pusat pemerintahan Norwegia yang berada di tengah ibu kota Oslo. Semua departemen pemerintahan plus kantor Perdana Menteri Norwegia berada di sini.

Baca juga: Rumah Modern Mid-Century yang Penuh Karya Seni

Team Urbis menjadi salah satu tim yang berhasil menjadi kandidat utama sayembara revitalisasi kawasan Regjeringskvartalet yang sempat dibom teroris pada 2011 silam.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Direktorat Pemerintah Norwegia untuk urusan Konstruksi Publik dan Properti, Statsbygg. Para kandidat diminta untuk merancang kompleks bangunan yang modern, punya ruang publik, dan memiliki standar keamanan.

Baca juga: Menyatukan Bangunan Baru dengan Bangunan Lama? Bikin Aja Jadi Kontras

Team Urbis terdiri dari biro arsitek Nordic dan Haptic, konsultan rekayasa teknik Ramboll, biro desain interior SLA dan Bjorbekk & Lindheim, dan sejumlah konsultan teknik seperti Asplan Viak, COWI, Aas-Jacobsen, Per Rasmussen, Scenario, dan NIKU.

Tim ini merepresentasikan sebuah master plan kawasan yang mencakup tiga bangunan lama dan enam bangunan baru. Secara keseluruhan semua bangunan ini memiliki luas total mencapai 150.000 meter persegi dan bisa menampung 5.700 pekerja.

Baca juga: Mengintip Wajah Baru Ibu Kota Sri Lanka

Selain itu, kawasan baru ini akan mencakup dua lapangan baru dan sebuah taman serta bangunan kantor yang tergolong rendah yang terintegrasi.

“Kami telah mendesain sebuah skema yang tidak lekang waktu yang punya potensi untuk memperkaya kawasan pusat ibu kota Norwegia dan menyediakan kawasan yang punya kondisi kerja yang sangat bagus bagi generasi baru pekerja pemerintahan,” ujar Gudmund Stokke, pemimpin Team Urbis dan principal partner dari biro arsitek Nordic, seperti dilansir oleh laman arsitektur dan desain, Dezeen.

Baca juga: Kantor Nike Keren Abis, Mau Kerja di Sini Ga?

Wow, keren juga ya rancangan Team Urbis ini. Siapa mau kerja di kantor keren di Regjeringskvartalet kayak gini? Tapi kalau jadi PNS Norwegia, berarti pindah kewarganegaraan dong? Hehehe.

By the way, sudah ada belum sih kantor pemerintahan yang kekinian? Biasanya kan desain kantor pemerintahan terkesan kaku banget kan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me