Ruang Publik Plus Galeri di Atas Lahan Parkir

Big Banner
Ruang Publik dan Galeri yang Didesain oleh Cooke & Fawcett (Rumah123/Dezeen)

Struktur ini ada di sebuah gedung parkir yang cukup tinggi di bagian Selatan ibu kota Inggris, London. Struktur ini mirip area untuk pejalan kaki.

Struktur ini memiliki panjang 35 meter, sesuai dengan lebar gedung parkir ini. Meski begitu, mungkin lebih cocok dianggap sebagai area atau dek observasi di sebuah gedung.

Baca juga: Kantor Nike Keren Abis, Mau Kerja di Sini Ga?

Sebelah struktur ini ada sebuah bangunan dari material baja bernama Peckham Observatory. Masih ada lagi, cafe yang berada di bangunan ini.

Selain itu, masih ada ruang publik yang luas yang juga menjadi galeri terbuka. Galeri ini digunakan oleh lembaga seni Bold Tendencies.

Baca juga: Seperti Apa Sih Hunian Orang Kaya dan Berkuasa?

Di atas struktur atau dek ini, pengunjung bisa melihat pemandangan kota London. Sejumlah orang memanfaatkannya untuk bersantai.

Sedangkan sejumlah remaja dan anak-anak bermain di area yang menjadi galeri terbuka. Sejumlah karya instalasi dan ban bekas ditempatkan di area ini.

Baca juga: Kantor Produsen Mobil Elektrik yang Futuristik

Biro arsitek Cooke Fawcett yang mendesain semua struktur ini. Firma ini didirikan oleh Oliver Cooke dan Francis Fawcett pada 2015. Sebelumnya, mereka pernah bekerja sama untuk biro arsitek papan atas asal Swiss, Herzog & de Meuron.

“Ini lebih dari bagian dari infrastruktur dari parkir mobil. Sebagai bagian dari institusi seni avant garde yang sudah berusia 11 tahun, sangat penting bagi Bold Tendencies untuk mempertahankan kapasitas untuk menemukan lagi dan mempersembahkan pengalaman baru bagi publik,” ujar co-founder Cooke Fawcett, Oliver Cooke seperti dilansir oleh laman arsitektur dan desain, Dezeen.

Baca juga: Yuk, Menginap di Hotel Terkecil di Dunia

Wow, keren juga ya bisa memanfaatkan lahan di atas gedung parkir sebagai ruang publik. Di tengah kurangnya lahan di perkotaan masih ada ruang bagi masyarakat untuk berkumpul.

Kalau di kawasan kamu tinggal, sudah banyak belum ruang publik? Kalau belum, mungkin ada bagian atap bangunan yang bisa dimanfaatkan seperti contoh di atas.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me