Mau Tau Kota dengan Harga Sewa Hunian Paling Murah?

Big Banner
Kuala Lumpur, Malaysia (Rumah123/iStockphoto)

Belum punya rumah? Nggak usah khawatir. Kamu bisa mulai mengumpulkan dana uang muka dan mencari kredit pemilikan rumah yang sesuai dengan penghasilan kamu.

Nah, sebelum punya hunian, nggak ada salahnya kok untuk menyewa atau mengontrak apartemen atau rumah. Hal biasa kok kalau orang memutuskan untuk menyewa sebelum mencari hunian.

Baca juga: Nilai Tukar Mata Uang Melemah, Saatnya Beli Properti

Ada beberapa kota yang harga sewanya sangat mahal, namun tidak sedikit yang harga sewanya masih masuk akal.

Perusahaan konsultan terkemuka PricewaterhouseCoopers sempat melansir riset mengenai pendapatan seorang pekerja dan dikaitkan dengan harga sewa di sebuah kota. Konsultan asal Inggris ini melakukan riset di 30 kota besar dunia yang ada di lima benua.

Baca juga: Asyik, Jakarta Masih Ramah untuk Para Penyewa Rumah

Dari 30 kota tersebut ternyata Kuala Lumpur menjadi kota dengan persentase sewa terendah. Rata-rata pendapatan pekerja di kota ini mencapai US 22.400 dollar (Rp 293 juta), sedangkan rata-rata harga sewa hanya mencapai US 4.500 dollar (Rp 58 juta).

Artinya seorang pekerja di ibukota Malaysia ini hanya perlu merogoh 20 persen dari gajinya untuk menyewa hunian.

Baca juga: Saat Pasokan Hunian Berlebih, Penyewa Bisa Nego Harga Lho

Persentase ini paling rendah. Dua kota lainnya yaitu Moscow (Rusia) dan Johannesburg (Afrika Selatan) memiliki persentase mendekati yaitu masing-masing sebesar 21 persen dan 23 persen.

Rata-rata pendapatan pekerja di Moscow mencapai US 29.200 dollar (Rp 382 juta), sedangkan rata-rata sewa hunian hanya US 6.240 dollar (Rp 81 juta).

Baca juga: Milenial Sanggup Beli Hunian Kok, Semangat Dong!

Sementara rata-rata pendapatan pegawai di Johannesburg tercatat US 28.800 dollar (Rp 377 juta) dan rata-rata sewa hunian hanya US 6.480 dollar (Rp 84 juta).

Dari riset PricewatehouseCoopers ini terungkap ada 12 kota besar dunia yang memiliki rasio sewa hunian dan pendapatan di bawah 30 persen. Sementara ada 14 kota dengan rasio antara 31 hingga 50 persen. Terakhir ada tiga kota yang masuk kategori di atas 51 persen.

Baca juga: Kenaikan Harga Rumah Sudah Dua Digit! Kamu Sudah Investasi Rumah, Belum?

Tertarik hijrah ke Kuala Lumpur? Ah, untuk generasi milenial yang suka melancong, Kuala Lumpur terbilang dekat lho dari Jakarta.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me