Iran Buka Toko Buku Terbesar di Dunia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sebuah toko buku besar “the Book Garden” dibuka di Teheran, Iran. Luasnya 65.000 m2 sehingga menjadi yang terbesar di dunia. Sebelumnya toko buku terbesar yang tercatat di Guinness World Records adalah “the Barnes & Noble“ di Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat (AS), yang “hanya” 14.307 m2.

tokobukuiran-foto

The Book Garden adalah bagian dari the Abbasabad Complex (11 ha) yang juga berisi the Sacred Defence Garden Museum dan the National Library and Archives of Iran. The Book Garden dilengkapi 10 teater, amphitheatre, science halls, ruang-ruang kelas, restoran, dan tempat shalat. Bagian atapnya dijadikan taman terbuka untuk tempat membaca di ruang luar.

“Pembukaan the Book Garden adalah peristiwa budaya besar bagi negeri ini. (Toko buku itu) diharapkan membuat anak-anak Iran mendapat kesempatan mempelajari ilmu pengetahuan dengan lebih baik,” kata Mohammad Baqer Qalibaf, Walikota Teheran, dalam sambutan pembukaan toko buku awal Juli lalu.

Pembangunan the Book Garden sudah dimulai sejak 2004 seiring makin banyaknya peserta dan pengunjung acara tahunan Teheran International Book Fair. Namun konstruksinya baru dimulai tahun lalu bersamaan dengan proses pengumpulan buku yang akan dijual di situ yang lebih dari 400.000 judulnya adalah buku anak-anak.

Pembukaan toko buku itu langkah yang mengejutkan karena Iran dikenal sebagai negara yang ketat menerapkan sensor buku. Banyak buku laris di dunia tak bisa masuk ke negara ayatollah itu seperti the Da Vinci Code (Dan Brown), Ulysses (James Joyce), Girl With a Pearl Earring (Tracy Chevalier), To Have and Have Not (Ernest Hemingway), dan The Gambler (Dostoevsky).

Walaupun sensor masih ada, tampaknya kebijakan Presiden Hassan Rouhani  lebih longgar soal buku. Bahkan, pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei berkenan hadir dan berdiskusi panjang tentang budaya di Teheran International Book Fair. Dengan penduduk 78 juta jiwa, Iran tercatat memiliki hanya 1.500 toko buku. Tahun lalu Kementerian Budaya dan Islam Iran mengklaim sudah 8.000 buku diterbitkan yang artinya sudah lolos sensor.

 

Dari berbagai sumber

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me