Intiland-Habitat Bangun 25 Rumah untuk Warga Miskin Di Balaraja

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Intiland Development Tbk melalui Yayasan Intiland melakukan serah terima 25 rumah layak huni kepada warga Kampung Pekong, Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten. Pengadaan rumah itu dilakukan melalui program Intiland Teduh yang merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang dibiayai dari penyisihan 1% keuntungan perusahaan setiap tahun.

Rumah hasil kerjasama Intiland dengan Habitat fot Humanity Indonesia

Rumah hasil kerjasama Intiland dengan Habitat fot Humanity Indonesia

Kali ini Intiland menggandeng Habitat for Humanity Indonesia, lembaga nirlaba yang berpengalaman melaksanakan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat miskin di berbagai daerah, untuk mewujuskan CSR itu. Balaraja dipilih sebagai lokasi CSR karena Intiland memiliki proyek perumahan Talaga Bestari di daerah itu, tidak jauh dari Kampung Pekong.

“Kami gandeng Habitat karena mereka sudah sangat berpengalaman dan memiliki sistem untuk menentukan siapa warga yang paling berhak (menerima bantuan rumah), selain menguasai pola pembangunannya,” kata Theresia Rustandi, Corporate Secretary Intiland, saat penyerahan bantuan di Tangerang, akhir pekan lalu.

Pembangunan rumah melibatkan warga penerima bantuan dan komunitas di kawasan. Kekurangan rata-rata rumah di kampong tersebut, tidak memiliki fasilitas sanitasi atau WC yang memadai sehingga kegiatan mandi-cuci-kakus (MCK) harus dilakukan di sungai atau di sembarang tempat.

Ke-25 rumah yang dibangun konsepnya rumah inti layak huni dengan atap metal, dinding precast, lantai cor tanpa dilapisi keramik, plus kamar mandi. “Selanjutnya pemilik rumah  meneruskan sendiri pembangunan rumahnya,” jelasnya. Warga penerima bantuan disyaratkan memiliki kaveling tanah milik sendiri. Total biaya pembangunan rumah rata-rata Rp36 juta/unit.

Intiland juga membangun satu fasilitas MCK komunal yang bisa digunakan seluruh warga. Selain itu bersama Habitat juga melakukan edukasi tentang pola hidup sehat dan tentang cara merawat rumah agar bisa bertahan lebih lama.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me