5 Keuntungan Beli Rumah Pake KPR, Mau Tahu?

Big Banner

Foto: Rumah123/iStock

Masih ragu beli rumah pake fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR)? Kalau kamu punya alternatif pembayaran yang lain ya oke-oke saja sih. Tapi, kalau belum punya, coba pelajari lagi keuntungan dari membeli rumah dengan KPR.

Membeli rumah dengan KPR, punya beberapa keuntungan yang bisa kamu pertimbangkkan. Berikut ini keuntungan-keuntungannya seperti dikutip dari cermati.com:

  1. Menghemat Dana Pembelian Rumah

Kalau pake KPR saat kamu membeli rumah, kamu gak perlu menyiapkan dana yang sangat besar. Saat ini pihak bank punya kebijakan memberikan pembiayaan properti sebesar 85% dari harga rumah yang akan kamu beli. Kamu cukup menyediakan dana sebesar 15% dari harga rumah tersebut.

Dengan pembayaran cicilan, tentunya hal ini akan menyelamatkan kamu dari keharusan mengeluarkan uang dalam jumlah besar, terutama bagi kamu yang memiliki kondisi keuangan yang masih minim.

Baca juga: Utang KPR Bikin Kamu Ogah Beli Rumah? Baca Ini Dululah!

  1. Bisa Langsung Menempati Rumah Meski Belum Lunas  

Dengan disetujuinya aplikasi pengajuan KPR oleh bank, kamu bisa secara langsung menempati rumah yang kamu beli tanpa persyaratan dan proses yang memberatkan.

  1. Mengantisipasi Kenaikan Harga Properti

Setiap tahun, harga properti, terutama di kota besar, selalu naik. Kenaikan ini nilainya cukup besar dan bervariasi tergantung pada lokasi masing-masing daerah.

Kenaikan harga properti biasanya 15-40% per tahun dari harga awalnya. Jadi, selain membeli rumah dengan KPR untuk tujuan penghematan, kamu juga bisa mengantisipasi kenaikan harga properti di masa depan yang mungkin tak akan terbeli mengingat kenaikan gaji yang paling tidak sekitar 10% per tahun.

Baca juga: Utang yang Bisa Bikin Kaya Raya, Ga Percaya Kan?

  1. Legalitas Perumahan yang Terjamin

Pembelian rumah melalui KPR tentunya tidak sembarangan, para pengembang perumahan yang bekerja sama dengan pihak bank yang memberi kamu KPR tentunya memiliki legalitas yang terjamin.

Legalitas yang terjamin ini mengacu pada kelengkapan surat-surat dan perihal perizinan dari pemerintah. Terkadang hal ini tidak dimiliki oleh perumahan-perumahan yang tidak jelas kredibilitas pengembangnya.

Dengan mengajukan KPR melalui perumahan yang bekerja sama dengan bank, kamu tidak perlu khawatir akan hal-hal yang tidak diinginkan bakal terjadi.

Baca juga: Ga Ada Alasan Nunda Beli Rumah, Bank Daerah Aja Dukung Pembiayaannya Lho!

  1. Dapat Digunakan untuk Investasi Jangka Panjang

Berbeda halnya dengan komoditas lainnya, investasi properti terutama rumah bisa dibilang tergolong investasi yang menghasilkan uang di masa depan. Hal ini disebabkan oleh harga properti yang cenderung naik setiap tahun.

Keterbatasan lahan terutama di daerah perkotaan, menjadikan harga properti melonjak. Dalam kurun waktu 5 sampai dengan 10 tahun ke depan, mungkin saja harga rumah yang kamu beli dengan KPR saat ini bisa naik sebesar 100%.

Tentunya hal itu akan menguntungkan kamu bila kemudian memutuskan menjadikan rumah tersebut sebagai investasi, bukan untuk dihuni.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me