Program Sejuta Rumah Sampai Juli sudah 449 Ribu Unit

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengumumkan capaian program sejuta rumah di Jakarta, Selasa (8/8). Menurut Menpupera Basuki Hadimuljono, hingga akhir bulan Juli 2017 capaian program sejuta rumah sudah 449.702 unit dengan tren yang terus meningkat sejak program itu diluncurkan akhir April 2015.

perumahan-rakyat

“Kalau tahun 2015 pencapaiannya 699.770 unit, tahun 2016 tercatat 805.169 unit, tahun ini saya sangat optimistis capaiannya lebih besar lagi dengan melibatkan seluruh stakeholder seperti pemerintah daerah (pemda), asosiasi pengembang, bank penyalur kredit, dan lain-lain supaya targetnya bisa terus meningkat setiap tahun,” katanya.

Basuki menyebut program sejuta rumah telah berhasil mengurangi angka backlog (akumulasi kekurangan pengadaan) perumahan kendati jumlahnya masih kecil. Backlog perumahan dari sisi keterhunian rumah turun dari 7,6 juta unit menjadi 5,4 juta unit tahun 2015. Jumlah rumah tidak layak huni sebanyak 3,4 juta unit tahun 2014 secara bertahap akan dikurangi menjadi 1,9 juta unit tahun 2019.

Pemerintah juga akan terus mendorong kemudahan dan keterjangkauan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap pemilikan rumah. Juga mengontrol kualitas bangunan rumah murah untuk MBR sehingga lebih berkualitas.

“Kami akan terus meningkatkan kontrol terkait kualitas rumah bersubsidi dengan membuat benchmark pembangunannya. Jadi, ada rating kualitas, bukan hanya rumahnya tapi juga jalan lingkungan, drainase, penerangan jalan umum, jaringan pipa air minum, pengelolaan sampah, dan lain-lain sehingga rumah murah juga terjamin layak huni,” ujarnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me