Rumah Panggung Bentuk Kubus Jadi Solusi Banjir

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Leroy Street Studio (Rumah123/Dezeen)

Bahaya banjir dan masalah pembatasan perluasan bangunan ternyata bisa disiasati oleh biro arsitek Leroy Street Studio saat membangun sebuah rumah di kawasan Hampton, New York, Amerika Serikat.

Firma arsitek asal New York ini membuat rumah panggung yang tentunya berdesain modern serta berbentuk kubus. Rumah ini dirancang untuk keluarga besar lintas generasi yang ingin memiliki ruang untuk bersenang-senang dan bersantai, namun tetap menjaga privacy.

Baca juga: Berani Bermain Warna? Lihat Cafe Ini Deh

Lahan rumah ini memang terbatas, hanya 74 meter persegi. Rumah ini sempat hancur oleh serangkaian badai.

Peraturan pemerintah setempat juga melarang kalau bangunan diperluas. Untuk menyiasatinya, Leroy Street Studio mendesain bangunan kubus dengan dimensi ukuran panjang 12 meter, lebar 9 meter, dan tinggi 9 meter.

Baca juga: Fasad Piksel Bikin Penghuni Apartemen Punya Pemandangan 270 Derajat

Lantaran rumah ini berada di kawasan yang sering banjir, bangunan pun ditinggikan hingga 3,4 meter dari permukaan tanah. Sejumlah pilar menopang rumah.

Pada lantai pertama rumah ini mencakup dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Sementara pada lantai berikutnya ada kamar tidur utama untuk pemilik rumah, kamar tidur anak, serta kamar tidur kakek nenek.

Baca juga: Keindahan Museum Berbentuk Kapal di Antara Lanskap Pegunungan

Leroy Street Studios mengaplikasikan banyak material kayu untuk lantai. Bagian dinding dicat dengan warna putih sehingga terlihat lebih luas.

Sejumlah skylight dipasang di atap rumah, sedangkan jendela besar juga banyak ditempatkan di beberapa ruangan.

Baca juga: Begini Caranya Kalau Pengen Memajang Karya Seni di Rumah

Wah, kreatif juga ya untuk menyiasati keterbatasan lahan dan juga ancaman banjir. Kira-kira kalau rumah seperti ini dibangun di Jakarta pasti oke juga kan? Kamu mau bikin rumah seperti ini juga?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me