Rumah Termahal di AS Rp 4,5 T, Kalau di Indonesia Kayak Apa Ya?

Big Banner
Rumah Milik Jerry Perenchio di Amerika Serikat (Rumah123/Mansion Global)

Sebuah rumah mewah diklaim menjadi rumah paling mahal yang dipasarkan di Amerika Serikat. Harganya mencapai US 350 juta dollar (Rp 4,5 triliun)!

Rumah bernama Chartwell ini dibangun oleh arsitek Sumner Spaulding pada 1933. Dia mendesain rumah ini dengan gaya neo klasik ala kastil Prancis.

Baca juga: Rumah Neymar Selalu Bertetangga dengan Pesepakbola Top

Lantas rumah ini dijual kepada konglomerat hotel, Arnold Kirkeby. Keluarga Kirkeby menyewakan rumah ini untuk syuting film televisi Beverly Hillbillies yang tayang dari 1962 hingga 1971.

Setelah itu, rumah ini dijual kepada konglomerat media, Jerry Perenchio dengan harga US 13,5 juta dollar (Rp 177 miliar) pada 1986. Dia adalah teman dekat mantan mendiang Presiden AS, Ronald Reagan. Dia juga salah satu orang terkaya di AS dengan kekayaan mencapai US 2,7 miliar dollar (Rp 35 triliun).

Baca juga: Untung 71 Persen dalam Enam Tahun? Bisa Aja Kok

Perenchio mengubah penampilan rumah dengan menggaet arsitek Henri Samuel yang sering mengerjakan proyek rumah orang tajir di AS. Rumah ini pun dibuat lebih cantik.

Rumah yang memiliki luas 7.620 meter persegi ini dilengkapi dengan sederetan fasilitas seperti tempat penyimpanan wine, ballroom, salon, ruang makan besar, rumah untuk tamu, lapangan tenis, kolam renang dengan panjang 22 meter, taman, dan parkir untuk 40 mobil!

Baca juga: Menara Eiffel Sambut Pahlawan Baru Kota Paris, Neymar!

Perenchio juga menambah luas tanah di sekitar rumah dengan membeli lahan sekeliling. Luas rumahnya pun bertambah dua kali lipat menjadi 4,3 hektar!

Rumah ini menjadi kediaman Perenchio selama lebih dari 30 tahun. Dia meninggal dunia pada Mei 2017 dalam usia 86 tahun.

Baca juga: Sstt, Katanya Rumah Ini Pernah Dimiliki oleh Keluarga Diktator

Setelah Perenchio wafat, rumah ini dijual dengan harga selangit dan menjadikannya rumah dengan harga termahal mengalahkan rumah di Bel Air, California yang dijual dengan harga US 100 juta dollar (Rp 1,3 triliun).

Wah, kalau uang Rp 4,5 triliun kalau di Indonesia, kamu bisa beli berapa rumah tuh? Kalau satu unit rumah di BSD City saja sudah Rp 2 miliar, maka kamu bisa mendapatkan 2.250 rumah! Wah, ini sih satu kelurahan atau malah satu kecamatan?

Baca juga: Menyaksikan Aksi Cristiano Ronaldo di Stadion Philip II Arena

By the way, kalau di Indonesia, rumah termahal ada di mana ya? Bali atau Jakarta? Kalau di Jakarta pasti berada di Menteng, Pondok Indah, atau Pantai Indah Kapuk? Tapi harganya berapa sih?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me