Meikarta Lansir Apartemen Rp127 Juta

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Meikarta (500 ha) di Cikarang, Kabupaten Bekasi (Jawa Barat), memasarkan apartemen murah seharga mulai dari Rp127 jutaan/unit di proyek yang disebut pengembangnya Lippo Group sebagai kota baru vertikal berstandar internasional itu. Unit hunian berharga jauh di bawah harga patokan apartemen bersubsidi versi pemerintah yang Rp350 juta/unit itu, disediakan di menara S dan B. Sedangkan di menara A harga unitnya mulai dari Rp340 juta.

meikarta

Danang Kemayan Jati, Direktur Komunikasi Lippo Group, belum bisa dimintai komentar mengenai penawaran apartemen murah yang pasti memukul pemasaran apartemen sekelas di sekitarnya termasuk di Kota Jababeka yang juga mengembangkan apartemen murah, bahkan juga kawasan terpadu Chadstone (Pollux Properties), The Oasis dari Cowell Development, serta apartemen murah Mardhika Park dari Adhi Persada Properti (APP) di Tambun.

Menurut Roy Jefriand, salah satu pemasar Meikarta, stok apartemen murah yang ditawarkan di Meikarta cukup banyak, tapi penawarannya hanya berlaku sampai akhir Agustus.  Setelah itu harganya bisa berbeda lagi. “Harga apartemennya bisa murah karena bangunnya sekalian banyak (menara). Jadi, cost-nya bisa ditekan,” katanya kepada housing-estate.com, Senin (14/8).

Pendapat senada diutarakan seorang pemasar lain yang minta tidak disebutkan namanya. Ia menyatakan, unit apartemen murah itu hanya ditawarkan di lantai 51-55 di menara S dan B yang mencakup total sekitar 30 unit hunian per lantai. Pembelian unit bisa secara tunai atau dengan kredit pemilikan apartemen (KPA).

Depe-nya hanya lima persen yang bisa diangsur enam bulan. Tanda jadinya Rp2 juta yang akan kita kembalikan penuh kalau bapak nggak jadi beli. Bapak cukup kirim copy KTP dan NPWP,” katanya.

Spek bangunannya serupa dengan apartemen menengah lainnya, bahkan lebih baik. Pelapis lantai misalnya, homogeneous tile. Khusus kamar tidur pelapis lantainya parket dari kayu sintetis. Sedangkan plafon skimcoat dengan list plafon dan pintu engineering door.

Roy menegaskan, Lippo pasti mengembangkan Meikarta yang akan mencakup 200-an menara apartemen dan properti lain itu sesuai janji, karena proyek mempertaruhkan nama besar perusahaan.

Berkaitan dengan komitmen membangun itu, lanjutnya, Lippo mengajak semua investor yang berminat untuk bekerja sama mengembangkan Meikarta. Salah satu investor itu adalah Wanda Group, perusahaan operator bioskop di China yang juga pemegang mayoritas saham di AMC, perusahaan jaringan bioskop di Amerika Serikat.

“Pemimpin wanda Group itu, Wang Jianlin, orang terkaya di China dan baru membeli studio di Hollywood dan tahun lalu bikin kerja sama dengan Dreamworks Animation. Di China sendiri mereka juga punya proyek kota baru yang sekali bangun ratusan tower. Makanya Meikarta berani iklan besar-besaran di mana-mana. Tiap hari pasang iklan 3–5 halaman di 13 koran di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Secara terperinci, apartemen yang ditawarkan Meikarta di tiga menara itu terdiri dari tipe satu kamar (bed room/BR) 21,91 m2 seharga Rp127 juta/unit, tipe 2BR 33,37 m2 dan 35,76 m2 seharga Rp193 juta dan Rp207 juta, dan tipe 3BR 50,42 m2 seharga Rp292 juta (menara S).

Berikutnya tipe 2BR 47,10–55,32 m2 seharga Rp273–320 juta (menara B), tipe 2–3BR atau 2BR dilengkapi kamar pembantu dan ruang lain seluas 49,76–73,11 m2 seharga Rp288–424 juta (menara B), serta tipe 2–3 BR atau 2BR dilengkapi kamar pembantu serta ruang tambahan lain seperti ruang kerja seluas 58,74–98,28 m2 seharga Rp340–570 juta (menara A).

Luas unit semuanya semigross dengan harga tunai. “Kalau beli pakai KPA, harganya  lebih tinggi sekitar Rp10 juta,” kata pemasar yang tidak mau disebutkan  namanya itu. Pembelian dengan KPA bisa dengan Bank BTN, CIMB Niaga, Bank Muamalat dan lain-lain. “Serah terima unit dua tahun setelah transaksi atau tahun 2019,” tukasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me