Pusat Belanja Tetap Optimnis di Tengah Gempuran Bisnis Online

Big Banner

Optimisme pengembang akan keberadaan pusat belanja bisa terlihat dari rencana ekspansi untuk mengembangkan pusat perbelanjaan di tengah penjualan online yang terus mengalami pertumbuhan. Majalah Properti Indonesia (MPI) mengulasnya dalam edisi Agustus 2017.

Berdasarkan riset Colliers International Indonesia, supplai pusat belanja di Jakarta dan sekitarnya akan terus bertambah dalam empat tahun ke depan. Total area ritel atau nett leasable area (NLA) akan bertambah sekitar 1.229.680 m2 hingga tahun 2020 nanti.

Di Jakarta, akan bertambah 15 pusat belanja mulai tahun 2017-2020 dengan total NLA 654.000 m2. Tiga di antaranya akan beroperasi tahun ini, yakni AEONMall Jakarta Garden City di Cakung yang akan beroperasi pada akhir September 2017.

Kemudian, Shopping Mall @Pancoran dan New Harco Plaza yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Land. Dua lagi akan beroperasi pada 2019, yakni Shopping Mall at South Gate Lenteng Agung yang dibangun oleh Sinarmas Land-AEON dan D’Entrance Arcadia TB Simatupang yang dikembangkan oleh Loka Mampang. Selebihnya ditargetkan beroperasi pada 2020 dan masih dalam proses perencanaan.

Sementara, di sekitar Jakarta bakal bertambah 12 mal lagi mulai 2018-2020 dengan total NLA 575.68 m². Dua pusat belanja akan beroperasi tahun depan di Bogor yakni Galeria Vivo Sentul dan AEON Mall Sentul. Tiga lagi akan dibuka 2019 yakni Plaza Indonesia Jababeka, Grand Dhika City Mall Bekasi dan Shopping Mall at Pesona Square. Pusat perbelanjaan anyar lainnya akan beroperasi di 2020 karena masih tahap perencanaan.

Keberadaan pusat perbelanjaan menjadi pendapatan berulang (recuriing income) bagi pengembang. “Recurring income dari pusat perbelanjaan sangat penting bagi pengembang karena bisa menjadi penyelamat di saat krisis ekonomi yang membuat bisnis properti lesu. Kami telah mengalaminya,” ujar Wahyu. Ke depan, Metland akan membangun dua pusat perbelanjaan di Metland Cibitung dan Metland Cyber City. YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com