Wah, Ternyata Banyak Bangunan Miring di Dunia, Ga Hanya Gedung DPR Aja Lho

Big Banner
Menara Miring Asinelli dan Girisenda, Bologna, Italia (Rumah123/iStockphoto)

Para anggota parlemen sedang meributkan kalau gedung DPR ternyata miring 7 derajat. Gedung yang dimaksud adalah Gedung Nusantara I yang memiliki tinggi 100 meter dan terdiri dari 24 lantai.

Cerita bangunan tinggi miring ini bukan hal baru. Sudah banyak gedung pencakar langit yang miring. Beragam penyebabnya.

Baca juga: Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

Salah satu bangunan miring yang terkenal adalah Menara Pisa yang berada di Pisa, Italia. Menara yang dibangun pada abad ke-14 ini memang sudah miring sejak pembangunannya.

Lain cerita dengan Millennium Tower yang berlokasi di San Francisco, Amerika Serikat. Apartemen tertinggi di kota San Francisco ini memiliki tinggi 184 meter dan terdiri dari 57 lantai.

Baca juga: Kantor Pemerintahan yang Mudah Diakses Publik, Kayak Gimana Sih?

Pada 2016, Millennium Tower diketahui amblas. Pondasi bangunan nyungsep ke dalam tanah antara 18 hingga 27 meter!

Sebenarnya, banyak bangunan miring di dunia yang uniknya malah terkenal karena kemiringannya ini. Selain Menara Pisa, setidaknya ada tujuh bangunan miring lainnya.

Baca juga: Keindahan Museum Berbentuk Kapal di Antara Lanskap Pegunungan

Pertama, Menara Asinelli dan Girisenda. Dua menara kembar yang terletak bersebelahan ini berada di Bologna, Italia. Asinelli yang memiliki tinggi 70 meter ini miring 4 derajat, sementara Girisenda yang bertinggi 92 meter tersebut miring 1,3 derajat.

Kedua, Big Ben. Menara jam yang menjadi ikon ibu kota Inggris, London ini ternyata juga miring meski derajat kemiringannya hanya 0,28 derajat.

Baca juga: Sstt, Katanya Rumah Ini Pernah Dimiliki oleh Keluarga Diktator

Ketiga, Menara Nevyansk. Menara gereja ini berada di kota kecil Nevyansk yang berada di Rusia bagian Tengah. Menara ini miring hingga 3 derajat.

Keempat, Menara Gereja Bad Frankenhausen. Menara gereja ini terletak di kota Thuringia. Kemiringan menara ini memang cukup parah hingga 4,8 derajat. Meski begitu kemiringan menara ini belum separah menara serupa di kota lainnya di Jerman.

Baca juga: Kenaikan Harga Hunian Mewah Tembus 35 Persen, Buruan Investasi Properti!

Kelima, Menara Gereja Suurhusen. Menara gereja ini dibangun pada abad pertengahan, abad ke-14. Menara gereja yang berada di kota kecil Suurhusen, Jerman ini miring hingga 5,19 derajat.

Keenam, Pagoda Yunyan. Pagoda yang memiliki nama lain Tiger Hill ini dibangun pada 327 silam. Pagoda ini berada di Suzhou, Tiongkok. Lantaran ada bagian struktur bagian bawah yang retak, pagoda ini miring hingga 3 derajat.

Baca juga: Tinggal di Penginapan Dekat Aliran Lava, Berani Ga?

Ketujuh, Pagoda Huzhu. Satu lagi pagoda di Tiongkok yang mengalami kemiringan. Pagoda ini dibangun pada 1079 dan berada di kawasan Shanghai, Tiongkok. Pagoda ini miring cukup parah hingga 6,52 derajat.

Dari sekian banyak bangunan miring ini, kamu sudah pernah mengunjungi yang mana? Mungkin Big Ben yang paling dikenal meski tidak terlihat kemiringannya.

Baca juga: Bangunan Miring? Wah, Menara Pisa yang Paling Terkenal Lho

By the way, kalau di Indonesia, ada nggak sih bangunan atau menara yang miring? Kabarnya sih Menara Saidah di kawasan Cawang, Jakarta Selatan termasuk bangunan pencakar langit yang miring.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me