Bermimpi Taman Ria Senayan Disulap Jadi Lokasi Rusunawa Seperti Rawa Bebek

Big Banner
Taman Ria Senaya, Jakarta (Rumah123/Detik)

Taman Ria Senayan kembali diperbincangkan. Buat kamu generasi milenial, tentu hanya tahu kalau kawasan ini bersebelahan dengan kompleks TVRI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kawasan ini juga bersebelahan dengan kompleks MPR/DPR.

Untuk generasi orang tua atau kakek nenek kamu, mereka pasti mengenang Taman Ria sebagai kawasan hiburan yang ngetop pada era 1970-an hingga awal 1990-an.

Baca juga: Benci Desain Kantor Baru, Sejumlah Karyawan Apple Pengen Berhenti Kerja!

Grup lawak legendaris Srimulat menggelar pertunjukannya di sini. Raja dangdut Rhoma Irama mengabadikan suasana kawasan ini dalam lagu Terajana.

Taman Ria Senayan kembali jadi pembicaraan setelah Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mengungkapkan usulan untuk menjadikan kawasan ini sebagai lokasi apartemen bagi anggota DPR.

Baca juga: Beli Rumah Lagi, Bos Amazon Buktikan Jadi Juragan Properti Kelas Kakap

Pro dan kontra pun merebak soal kepantasan anggota parlemen untuk mendapatkan fasilitas hunian, padahal sudah mendapatkannya di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Terlepas dari semua kontroversi tersebut, pernah membayangkan kalau lahan Taman Ria Senayan ini dimanfaatkan untuk kepentingan publik? Kebetulan kawasan ini milik Sekretariat Negara RI.

Baca juga: Rumah Ini Pernah Disewa Neymar Rp119 Juta Per Malam!

Menurut laman berita Viva, kawasan ini memiliki luas 11 hektare. Situs berita Detik menyatakan ada dua danau di Taman Ria dengan luas 4 hektar.

Seandainya kawasan ini diubah menjadi lokasi rusunawa (rumah susun sederhana sewa) seperti di Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, bakal seperti apa ya?

Baca juga: Ga Masalah Kok Ngutang Asal Produktif Buat Investasi Properti

Rusunawa Rawa Bebek memiliki luas 3 hektare. Ada enam tower yang berada di kompleks ini. Satu tower memiliki enam lantai dan terdiri dari 154 unit. Biaya pembangunan rusunawa ini mencapai Rp98 miliar dengan perincian Rp16,3 miliar per tower.

Kalau lahan Taman Ria Senayan dikonversikan seperti Rawa Bebek, maka luasnya memang hampir empat kali lipat. Maka kalau melakukan penghitungan sederhana, maka kawasan Taman Ria bisa dibangun menjadi 24 tower rusunawa.

Baca juga: Pernah Kemalingan, Kendall Jenner Jual Rumahnya

Jika satu tower terdiri atas 154 unit, maka “Rusunawa Taman Ria” terdiri atas 3.696 unit. Ada ribuan orang yang bisa tinggal di pusat Kota Jakarta.

Biaya pembangunan seluruh kawasan ini pun terbilang tidak mahal, hanya sekitar Rp391-392 miliar untuk membangun 24 menara rusunawa.

Baca juga: Bangunan Miring? Wah, Menara Pisa yang Paling Terkenal Lho

Wah, seandainya menyelesaikan masalah hunian di Jakarta semudah ini ya. Sayangnya, ini kan baru sebatas seandainya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me