Gedung DPR Miring? Bangunan Ini Malah Dirancang Miring Beneran

Big Banner
Capital Gate, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Rumah123/Capital Gate)

Kalau ada sejumlah bangunan yang menjadi miring karena masalah konstruksi, maka lainnya dengan gedung pencakar langit yang ada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini.

Capital Gate atau Leaning Tower of Abu Dhabi memang didesain miring. Gedung ini memiliki kemiringan hingga 18 derajat! Artinya kemiringan gedung pencakar langit ini empat kali lipat dari Menara Gereja Suurhusen.

Baca juga: Yuk, Bikin Hunian Jadi Lebih Lapang

Menara pencakar langit ini memiliki tinggi 160 meter dan terdiri dari 35 lantai. Pembangunan Capital Gate dimulai pada 2007 dan selesai pada 2011.

Pada 2010, Guinness World Records memberikan penghargaan kepada Capital Gate sebagai “bangunan paling miring yang dibuat oleh manusia”.

Baca juga: Rumah Panggung Bentuk Kubus Jadi Solusi Banjir

Menara pencakar langit ini merupakan bangunan mixed use yang terdiri dari perkantoran dan hotel mewah. Jaringan hotel internasional Hyatt mengelola hotel di gedung ini.

Biro arsitek RMJM (Robert Marshall Johnson Marshall) yang mendesain Capital Gate. RMJM merupakan salah satu firma arsitek terbesar di Inggris dan didirikan pada 1956 silam.

Baca juga: Benci Desain Kantor Baru, Sejumlah Karyawan Apple Pengen Berhenti Kerja!

RMJM mendesain Capital Gate dalam rancang bangun yang miring. Namun, konstruksi bangunan ini diperkuat oleh teknik pre-cambered core yang menggunakan beton dan baja. Selain itu, ada 490 pondasi yang ditanam hingga kedalaman 20 hingga 30 meter.

Capital Gate juga dibangun dengan teknik diagrid, teknik konstruksi yang bisa meredam kekuatan angin dan getaran. Belum banyak bangunan yang menggunakan teknik ini.

Baca juga: Kalau Ada Pemandangan Indah, Bikin Jendela Rumah yang Gede Dong

Unik juga ya kalau bangunan benar-benar didesain miring sejak awal. Mungkin kamu pengen selfie di depan Capital Gate yang unik.

By the way, kalau kamu kerja di kantor atau menginap di hotel di Capital Gate, kira-kira kamu khawatir bakal rubuh nggak ya?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me