PT KA Property di Panggung Persaingan Bisnis Properti (3)

Big Banner

PT KA Property Management anak usaha PT Kereta Api Indonesia PT (KAI) salah satu unit usaha BUMN bidang transportasi yang kini berada di panggung persaingan bisnis properti di tanah air.

PT KA Property Management (KAPM) memiliki bisnis utama yang menyelenggarakan usaha di bidang pengelolaan aset atau properti perkeretaapian milik PT Kereta Api Indonesia maupun pihak lainnya yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan serta memberikan nilai tambah aset/properti tersebut. Komposisi kepemilikan saham PT KA Properti Manajemen yaitu PT KAI 99,90% dan Yayasan

Pusaka 0,1%. Sejak berdiri pada 2009 lalu, be berapa portofolio yang telah dikembangkan PT KA Property Management antara lain, pengembangan area pertokoan di Waru, Sidoarjo, Kereta Api Trade Center (KATC) Jatinegara, mall dan hotel di eks emplasemen Purwokerto Timur serta Mixed use commercial area di Srondol, Semarang.

Pengerjaaan proyek properti untuk saat ini memang hanya sebagian kecil dari lini bisnis KAPM, sebab, kontribusi terbesar yang menyumbang laba perusahaan justru berasal dari jasa kontraktor. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, me – ngatakan, pengembangan properti sangat penting mengingat KAI memiliki aset yang besar dan seharusnya KAI atau anak perusahaan menjadi salah satu pihak yang mengelola dibantu dengan investor lain.

Sementara itu, Direktur Logistik dan Aset Produksi PT KAI Joko Margono mengaku, jika berbagai aksi korporasi, termasuk diversifikasi usaha ke bisnis pro perti adalah se bagai upaya untuk mencapai target pendapatan sektor non angkutan sebesar 15% di tahun 2018. Apalagi, PT Adhi Persada Properti (APP) Berlari Kencang Menuju Go Public saat ini pendapatan non angkutan masih berkisar di angka 7%.

Joko mencontohkan, bisnis hotel milik perusahaan yang sudah berjalan saat ini berada di Kota Medan Sumatera Utara yang dikelola anak perusahaan yaitu PT Railink yang mengoperasikan kereta bandara. “Kami sudah punya PT KA Properti Manajemen untuk mengurus hotel. Jadi induk PT KAI hanya fokus ke pelayanan penumpang. Tawaran dari pihak swasta sedang nego, beberapa sudah ada yang berminat,” paparnya.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me