Tidak Layak Huni, 40% Rumah Subsidi Banyak yang Tak Berpenghuni

Big Banner

JAKARTA – Program satu juta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah ternyata tidak selamanya berjalan mulus. Pasalnya dari hasil pengamatan, banyak ditemukan keluhan tentang rumah subsidi dari para konsumen.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lana Winayanti mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sempat melakukan monitoring terhadap rumah-rumah subsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dari hasil pengamatannya tersebut, ada sekira 30-40% rumah bersubsidi yang tidak dihuni oleh pembelinya.

Baca juga: Duh, Jawa Tengah Masih Punya 1,6 Juta Rumah Tak Layak Huni

“Ada temuan, bahwa banyak rumah bersubsidi yang tidak dihuni, cukup besar memang, 30-40%,” ujarnya dalam acara sarasehan di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Yang lebih mencengangkan lanjut Lana, para konsumen mengaku alasannya enggan menghuni rumah tersebut karena hunian tersebut tidak layak. Khususnya mengenai fasilitas rumah seperti listrik, jalan hingga air bersih.

Baca juga: Miris! Jumlah Keluarga yang Tinggal di Rumah Tak Layak Huni Masih Tinggi

“Dan ketika diwawancara penghuninya, kenapa tidak dihuni karena rumahnya tidak layak untuk dihuni. Terutama untuk air bersih dan listrik,” jelasnya

Padahal lanjut Lana, saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan lapangan, banyak yang mengaku puas terhadap rumah subsidi. Namun di sisi lain banyak laporan yang masuk kepada pihaknya mengenai kualitas buruk yang dimiliki rumah subsidi.

Baca juga: Wow, Kota Ini Siap Bangun 3.000 Unit Rumah Layak Huni di 2017

“Kita mengetahui bersama, ada isu kualitas bangunan rumah bersubsidi. Walaupun Presiden sudah berkunjung ke lapangan dan menyatakan puas ke beberapa lokasi, tapi yang disampaikan Menteri PUPR berulang kali, masih banyak kualitas perumahan masyarakat terhadap rumah subsidi. Seperti jalan lingkungan, air bersih, sanitasi listrik seringkali enggak dapat perhatian,” jelasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me