Disiplin Menabung, Kunci Tercapainya Dana DP Rumah

Big Banner

Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStock)

Kalau uang muka (DP) rumah bisa diturunkan lagi lebih rendah dari 15% pasti kamu mau kan? Apalagi kalau tanpa DP sekalian, wah senang bukan main. Kalau kamu mau benar-benar mencari, ada saja sih rumah yang tanpa DP semisal yang ditawarkan pengembang Perumahan Cidahu Royal Residence di Sukabumi.

Tipe rumah tanpa DP tersebut adalah Tipe 36/66 yang tersedia 750 unit di atas lahan seluas 8.5 hektare 7. Angsurannya bisa dipilih sendiri oleh calon pembeli yang disesuaikan dengan pendapatannya, yakni Rp825 ribu untuk masa angsuran 20 tahun, Rp991 ribu selama 15 tahun, dan Rp1,3 juta seama angsuran selama 10 tahun.

Untuk KPR, calon pembeli rumah yang berlokasi di Kampung Bojongpari, Desa Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, ini hanya mengeluarkan biaya balik nama, sertifikat, notaris, akad, dan akta jual beli sebesar Rp6,5 juta, yang bisa dicicil selama empat bulan.

Memang meringankan kalau bisa membeli rumah tanpa DP, tapi pada umumnya pembelian rumah selalu ada DP. Hal ini sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia (BI). Kalau tanpa DP, terlalu berisiko bagi dunia perbankan.

Kesimpulannya, kalau kamu berencana membeli rumah ya harus mempersiapkan uang mukanya. Pasalnya, rumah tanpa DP itu belum tentu rumah yang kamu inginkan. Semisal lokasinya di Sukabumi itu di luar rencanamu. Kalau kamu ingin membeli rumah idamanmu, ya berarti kudu tetap mempersiapkan uang muka.

Masalah uang muka (DP) memang masalah yang seksi di dunia properti. Kalau dulu DP rumah sebesar 20-30%, belakangan BI menaikkan rasio loan to value (LTV) jadi 85% sehingga DP yang harus dibayarkan calon pembeli rumah hanya 15%. Cukup meringankan, bukan?

Uang muka rumah memang cukup besar nominalnya. Salah satu cara ya apalagi kalau bukan menabung. Dengan memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan ketimbang keinginan, maka kamu bisa menabung.

Coba deh, kalau dari gajimu disisihkan setiap bulan 30% saja dan ditabung selama 10 bulan, maka hasilnya bisa merupakan tiga kali gajimu. Kebayang gak kamu bisa punya tabungan 3 kali gaji dalam 10 bulan? Gimana kalau 20 bulan, 30 bulan, dan seterusnya.

Misalkan gaji per bulanmu Rp5 juta. Kalau menabung 30% berarti Rp5 juta x 30% = Rp 1.500.000. Nah, kalau ditabung selama 10 bulan, nanti kamu memiliki dana sebesar Rp15.000.000. Lumayan kan untuk tabungan DP rumah tahap pertama? Ditambah taha-tahap selanjutnya, maka dana DP rumah idamanmu pun akan tercapailah!

Terkadang memang sulit untuk memulai, namun harus segera dicoba dan berdisiplinlah dalam menjalankannya. Motivasilah dirimu bahwa dengan berhemat kamu akan mencapai tujuan keuanganmu untuk menyiapkan dana DP. Ada beberapa poin berikut ini yang bisa kamu ingat agar bisa menghemat:

  1. Disiplinlah dalam menabung.
  2. Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan.
  3. Pastikan pengeluaran selalu lebih kecil dari pendapatan.
  4. Jagalah tubuh agar tetap sehat, karena kalau sakit akan mengganggu arus kas-mu.
  5. Bijaklah dalam berbelanja.
  6. Jangan lupa membeli produk investasi.
  7. Terapkan pola hidup sederhana.
  8. Kalau berlibur, manfaatkan fasilitas berlibur murah.
  9. Kumpulkan uang receh, jangan sepelekan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me