Istana Peristirahatan yang Nyaman Sekaligus Kebun Raya yang Megah

Big Banner
Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat (Rumah123/iStockphoto)

Buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, kayak nggak mungkin deh kalau nggak tahu soal Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Paling tidak kamu pasti pernah mengunjunginya.

Istana dan kebun raya ini berada di pusat kota Bogor dan memiliki luas mencapai 28,86 hektar. Istana ini menjadi favorit bagi Gubernur Jenderal Hindia Belanda untuk beristirahat.

Baca juga: Rumah Ini Pernah Disewa Neymar Rp119 Juta Per Malam!

Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Van Imhoff menggagas pembangunan rumah peristirahatan di Buiten zorg (sekarang Bogor) pada 1745. Dia membuat sketsa istana dengan meniru Blenheim Palace, kediaman Duke of Malborough, di Oxford, Inggris.

Namun, hingga Van Imhoff wafat pada 1950, pembangunan istana ini belum selesai. Justru Istana Cipanas yang sudah selesai dibangun. Istana Bogor ini baru selesai pada era Gubernur Jenderal Charles Ferdinand Pahud de Montager.

Baca juga: Beli Rumah Lagi, Bos Amazon Buktikan Jadi Juragan Properti Kelas Kakap

Istana ini sempat mengalami perombakan beberapa kali. Istana ini pernah dirusak ketika terjadi pemberontakan di Banten.

Sejumlah gubernur jenderal memprakarsai perubahan istana. Banyak gubernur jenderal yang menghabiskan waktu liburan di istana dengan hawa sejuk ini.

Baca juga: Ga Masalah Kok Ngutang Asal Produktif Buat Investasi Properti

Kebun Raya baru muncul pada 1816, saat Prof. Caspar George Carl Reinwardt diangkat menjadi Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa.

Sebelumnya, Letnan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles sudah mulai mengumpulkan sejumlah tanaman di halaman istana. Dia juga yang mengubah halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik yang nyaman.

Baca juga: Bangunan Miring? Wah, Menara Pisa yang Paling Terkenal Lho

Setelah Indonesia merdeka, istana ini juga menjadi salah satu istana presiden. Presiden Soekarno yang paling sering berada di istana ini. Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menikahkan putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono di istana ini pada 2005 silam.

Hmm, ngomong-ngomong kapan terakhir kali kamu ke Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor? Jaraknya dekat lho dari Jakarta.

Baca juga: Tinggal di Penginapan Dekat Aliran Lava, Berani Ga?

Yuk, main ke sana, jangan main ke mall melulu. Banyak yang bisa kamu pelajari kalau datang ke dua tempat ini lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me