Dahulu Istana Ini Jadi Kediaman Residen Yogyakarta

Big Banner
Gedung Agung, Yogyakarta (Rumah123/Sejarah RI)

Buat yang pernah melancong ke Yogyakarta, kamu mungkin pernah melihat Gedung Agung yang berseberangan dengan Benteng Vredenburg.

Dua bangunan ini memang peninggalan penjajah Belanda. Benteng Vredenburg menjadi salah satu destinasi wisata, sementara Gedung Agung menjadi salah satu istana kepresidenan.

Baca juga: Rumah Ini Pernah Disewa Neymar Rp119 Juta Per Malam!

Semula, bangunan ini merupakan kediaman Anthonie Hendriks Smissaert saat menjadi Residen di Yogyakarta pada 1824. Arsitek A.A.J Payen yang mendesain bangunan ini. Dia adalah guru seni lukis pelukis kenamaan Indonesia, Raden Saleh.

Setelah Indonesia merdeka, Gedung Agung menjadi istana kepresidenan. Kebetulan Yogyakarta pernah menjadi ibu kota negara selama masa revolusi.

Baca juga: Ga Masalah Kok Ngutang Asal Produktif Buat Investasi Properti

Presiden Megawati Soekarnoputri lahir di gedung ini pada Januari 1947. Saat itu, ayahnya Presiden Soekarno dan keluarga tengah mengungsi ke Yogyakarta.

Sejak era Presiden Soeharto, istana ini mulai menjadi tempat menginap tamu negara. Presiden dan wakil presiden juga menginap di istana ini ketika berkunjung ke kota pelajar ini.

Baca juga: Bangunan Miring? Wah, Menara Pisa yang Paling Terkenal Lho

Pada Oktober 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu negara menggelar acara perpisahan dengan para netizen dari berbagai platform media sosial.

Kalau sedang berwisata ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Gedung Agung. Lokasinya juga tidak jauh dari Kraton Sultan, Jalan Malioboro, atau pun Tugu.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me