Minggu Depan, Integrasi Sistem Pembayaran Tol Jagorawi Dilaksanakan

Big Banner

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku operator jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) menyatakan siap melaksanakan integrasi sistem pembayaran jalan tol tersebut minggu depan. Jadi, buat kamu yang menggunakan jalur tol tersebut siap-siapa ya!

“Jagorawi, mungkin minggu depan harusnya sudah. Karena fisiknya sudah selesai,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (17/8).

Baca juga: Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Bakal Ditutup, Terus Gimana?

Menurutnya, saat ini seluruh progres persiapan integrasi sistem pembayaran tersebut sudah selesai. Namun, Jasa Marga masih menunggu surat keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengeksekusi hal itu.

Dia memastikan akan ada penyesuaian tarif bila sistem pembayaran telah terintegrasi. Seluruh segmen dari Cawang-Ciawi akan dikenakan tarif tunggal dengan sekali transaksi.

“Iya dong, kan ada perubahan sistem. Sebetulnya bukan kenaikan tarif, tapi penyesuaian karena perubahan sistem dari tertutup menjadi terbuka,” kata Desi lagi.

Baca juga: Asyik, Jasa Marga Luncurkan Aplikasi Kondisi Jalan Raya!

Kendati demikian, Desi masih merahasiakan besaran tarif yang akan diterapkan nantinya. “Belum keluar SK-nya dari Pak Menteri, mungkin 1-2 hari lagi. Mungkin (tunggu) dari internal PU ya,” katanya.

Untuk diketahui, dengan adanya perubahan sistem pembayaran, maka transaksi di Gerbang Tol (GT) Cibubur Utama dan Cimanggis Utama akan dihilangkan. Nantinya, pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Ciawi akan melakukan transaksi di pintu keluar (off ramp). Sedangkan pengguna jalan tol arah Ciawi ke Jakarta melakukan transaksi pada pintu masuk (on ramp).

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me