Program DP Rumah 0%, Pengembang: Bisa Saja Dilakukan!

Big Banner

JAKARTA – Program rumah Down Payment (DP) 0% yang menjadi program pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih sempat menghebohkan masyarakat. Pro dan kontra pun terus menyelimuti program andalan dari Gubernur dan Wagub terpilih DKI Jakarta yakni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Tak sedikit masyarakat maupun pengembang yang menyatakan jika program tersebut sangat sulit terealisasi. Pasalnya dalam Undang – Undang mengatur bagaimana skema DP untuk perumahan tidak boleh melebihi dari 1%.

Baca juga: Realisasikan DP 0%, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Dua Pola Berikut

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi & Pengembangan Usaha DPP Real Estat Indonesia (REI) Theresia Rustandi mengatakan jika mengacu pada rumah komersil, DP 0% untuk pembelian rumah sah-sah saja dan sangat mungkin terjadi. Karena jika dilihat dari sisi marketing rumah komersial, rumah dengan uang muka 0% merupakan strategi promosi yang sangat bagus.

“Kebijakan 0% ini begini loh, balik lagi ke kearifan. Lalu dari sisi marketing dari sisi bicara rumah komersil, bisa saja dilakukan karena itu bagian dari strategi promosi meskipun harus ada beberapa langkah juga yang harus dilakukan,” ujarnya saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Baca juga: Rumah DP 0% Bisa Terealisasi, Asal

Sementara untuk yang rumah rakyat sangat sulit sekali untuk dilakukan. Karena sesuai dengan peraturan perundang-undangan pemerintah membatasi DP yang diberikan minimal 1%.

“Kalau untuk rumah rakyat , konsep harus sama kesitu dan tidak boleh melanggar undang-undang,” kata Theresia.

Terkecuali lanjut Theresia, pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan layanan subsidi untuk membayar uang muka 1% tersebut kepada pengembang. Sehingga masyarakat tetap mendapatkan rumah dengan DP 0% tanpa melanggar undang-undang.

Baca juga: Program Rumah DP 0 Tetap untuk Masyarakat Ekonomi Menengah dan Rendah

“Kalau mau ditalangin sama Pemprov DKI, justru itu sangat bagus sekali,” jelasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me