4 Cara Sukses Kumpulkan Uang DP Rumah, Mau Tahu?

Big Banner

Foto: Rumah123/iStock

Kalau uang muka (DP) besar, cicilan kecil, yang kamu pilih saat membeli rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR), maka kamu harus mempersiapkan DP, bukan? Kecuali tentunya kamu yang sudah punya dana cash untuk DP, ya tinggal bayar!

Nah, buat kamu yang masih harus ‘berjuang’ mengumpulkan dana DP, berikut ini ada 4 cara agar dana cepat terkumpul seperti dikuti dari cermati.com:

  1. Tentukan Hunin yang Kamu Inginkan

Hunian yang akan kamu beli sangat berpengaruh pada besarnya nominal harga rumah dan DP yang harus kamu siapkan. Tentunya bukan yang asal murah. Pertimbangkan beberapa hal umum yang berkenaan dengan kepentingan harianmu: akses jalan dan fasilitas publik di sekitarnya, kebiasaan masyarakat setempat, lokasi apakah di pusat kota, pinggir kota, atau mungkin di kawasan suburban?

Pilihanmu tentunya punya konsekuensi masing-masing. Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi harganya, maka semakin tinggi dana DP yang harus kamu siapkan. Saat ini berlaku peraturan perbankan DP 15%.

Baca juga: Suku Bunga Acuan BI Turun, Apa Artinya Buat Kamu?

  1. Kencangkan Ikat Pinggang

Semisal rumah yang kamu inginkan harganya Rp300 juta, berarti Dp yang harus kamu siapkan Rp45 juta (15% dari DP). Tentu saja, nominal itu relatif, bisa kecil bisa besar tergantung pada kondisi keuanganmu. Tapi, yang pasti itu bukan nominal yang sedikit.

Maka dari itu, kamu harus siap mengencangkan ikat pinggang. Prioritas-kan pada kebutuhan pokok dan tabungan untuk mencapai nominal DP. Pemangkasan biaya pengeluaranmu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Intinya, prioritaskan kebutuhan ketimbang keinginan.

  1. Menabung, Mutlak Dilakukan!

Menabung merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan untuk mengumpulkan DP. Namun, harus menggunakan strategi (dan tentunya kedisiplinan) supaya uang yang terkumpul bisa lebih cepat.

Selalu potong gajimu di awal gajian, sebelum menggunakannya untuk belanja kebutuhanmu. Biasanya, persentase tabungan seseorang yang tidak memiliki target untuk membayar DP rumah adalah sekitar 10 hingga 20 persen. Tapi, jika kamu ingin lebih cepat mengumpulkan DP, kamu bisa perbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30 persen.

Baca juga: Kalau LTV Lebih Dilonggarkan Lagi, DP Rumah Bisa Lebih Kecil, Setuju?

  1. Lebih Aman dengan Berinvestasi

Kenaikan harga tanah dan rumah begitu cepat tak sebanding dengan kecepatan kenaikan gaji. Sebagai alternatif dari menabung, kamu bisa menginvestasikan uang tabunganmu. Investasi yang paling mudah dilakukan adalah deposito atau membeli logam mulia semisal emas kepingan atau batangan.

Kedua alternatif investasi tersebut memberikan imbal balik yang cukup besar dalam bentuk bunga dan selisih harga beli dan jual pada masa mendatang. Kedua cara ini tentunya akan mengamankan nilai uangmu, sehingga kamu tidak akan merasa terlalu sulit dan lama dalam hal mengumpulkan DP rumah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me