Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Big Banner
Stadion Al Thumama, Doha, Qatar (Rumah123/Dezeen)

Qatar terus mempersiapkan diri jelang Piala Dunia 2022. Negara kecil di Timur Tengah ini mempersiapkan beberapa stadion untuk pesta akbar sepak bola ini.

Beberapa stadion telah diselesaikan. Namun, ada juga yang baru merilis desainnya. Waktu lima tahun masih cukup untuk menyelesaikan pembangunan.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda?

Salah satu stadion yang baru diperkenalkan adalah Stadion Al Thumama yang berada di kawasan Al Thumama di ibu kota Qatar, Doha.

Arsitek asal Qatar, Ibrahim M. Jaidah yang mendesain stadion ini. Jaidah adalah founder dari Ibrahim Jaidah Architects and Engineers. Dia merupakan lulusan University of Oklahoma, Amerika Serikat pada 1988.

Baca juga: “Menara Kaktus” Hunian untuk Anak Muda, Mau Tinggal di Sini?

Desain stadion ini memang unik lantaran berbentuk seperti gahfiya, penutup kepala yang biasa dipakai oleh pria di Arab dan menjadi bagian pakaian tradisional.

Sebenarnya, sekilas desain stadion ini malah lebih mirip peci putih yang bisa dikenakan pria Indonesia saat salat. Kira-kira mirip kan ya?

Baca juga: Tujuh Tahun Beruntun Jadi Kota Paling Nyaman di Dunia, Kota Apa Sih?

Jaidah sendiri merancang fasad stadion ini menyerupai pola berlian.  Sekilas juga, desain potongan eksterior ini mirip potongan bendera Qatar.

Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 penonton. Rencananya, Stadion Al Thumama ini akan digunakan untuk pertandingan perempat final.

Baca juga: Sosialita Kylie Jenner Ikuti Jejak Kakaknya, Jual Beli Rumah!

Stadion ini akan dilengkapi oleh fasilitas pendingin udara, kebetulan panas di Timur Tengah bisa mencapai 40 derajat Celsius. Selain itu, atap stadion juga bisa didesain lingkaran dan bisa menyerap panas.

Ibrahim Jaidah Architects and Engineers akan bekerja sama dengan konsultan desain dan arsitektur asal Korea Selatan, Heerim untuk membangun stadion ini. Heerim tergolong konsultan raksasa dan memiliki 1.100 karyawan.

Baca juga: Apartemen Setinggi 472 Meter, Yakin Berani Tinggal di Sini?

“Rilis dari desain stadion Al Thumama ini muncul dengan kebanggaan untuk memberikan kontribusi penyelenggaraan Piala Dunia pertama dalam sejarah Qatar dan kawasan,” ujar Jaidah seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Jaidah mengungkapkan kalau inspirasi desain stadion ini menjadi wujud janji Qatar menjadi tuan rumah dan juga perayaan besar bagi kawasan Timur Tengah. Dia meyakini kalau desain stadion akan selaras dengan komunitas Arab dan akan membuat mereka bangga dengan inovasi ini.

Baca juga: Ga Usah Takut Ngutang, Kalau Tergolong Utang Produktif

Hmm, buat kamu penggemar berat sepak bola, masih ada waktu lima tahun untuk menabung lho. Nggak pengen melihat pertandingan Piala Dunia dari dekat, apalagi nonton dalam stadion berdesain seperti peci ini? Masa nonton dari televisi doang sih.

Stadion Al Thumama, Doha, Qatar (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me