Geliat Pasar Perumahan Menengah Atas di Serang – Cilegon (2)

Big Banner

Cilegon Kota Ekspat

Serupa dengan Serang, Cilegon juga memiliki segudang potensi investasi. Prospektifnya “kota Baja” dengan luas wilayah seluas 175,51 km2 ini tak terlepas dari keberadaan sejumlah industri besar yang
berdiri di sini, seperti Kawasan Industri Kimia Chandra Asri, Cilegon dan pabrik baja PT. Krakatau Steel Cilegon berikut anak perusahaannya.

Bisa dibilang, Cilegon merupakan tulang punggung perekonomian Provinsi Banten. Selain posisinya yang strategis, Cilegon memiliki delapan pelabuhan yang berhubungan langsung dengan Selat Sunda, sehingga memudahkan bagi para pebisnis untuk melakukan kegiatan usahanya lintas pulau.

PDRB Kota Cilegon pada tahun 2015 mencapai Rp77,96 triliun, dimana, sektor industri merupakan penyumbang utama dengan kontribusi mencapai 55,69 persen. Diikuti oleh sektor perdagangan yang
berkontribusi sebesar 10,94 persen.

Serupa dengan daerah lainnya, perkembangan industri yang pesat tersebut turut berkorelasi dan berakselerasi terhadap sektor lainnya seperti perdagangan, jasa, dan jumlah penduduk yang terus meningkat. Termasuk, pekerja ekspatriat dalam jumlah besar. Fakta inilah yang dilirik pengembang properti sebagai sebuah potensi besar untuk menggarap pasar kawasan perumahan kelas atas di Cilegon.

Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo yang diolah sejak awal tahun 2017, menunjukkan, jika rata-rata harga properti di Cilegon tumbuh sebesar 6,43%.

Perkembangannya didominasi oleh kenaikan harga rumah yang mencapai 20,80%. Selanjutnya, kenaikan juga terjadi pada apartemen sebesar 16,41% dan disusul oleh tanah sebesar 6,73%. Melihat perkembangan wilayah Cilegon, nampaknya angka dari harga properti tersebut masih akan terus meningkat.

Hunian Kelas Menengah Atas Terus Tumbuh Peningkatan daya beli dan pertumbuhan bisnis di Kawasan Serang – Cilegon, pada akhirnya mendorong pengembang setempat untuk membangun hunian kelas menengah atas di kota-kota tersebut. Menyesuaikan dengan pangsa pasar yang dibidik, hunian ini didesain dengan rupa arsitektur kekinian, rata-rata setinggi dua lantai dan dengan penataan lingkungan yang cukup baik. Luas lahannya beragam, mulai yang dari ribuan meter persegi hingga puluhan hektar.

Adalah perumahan Serang City yang awalnya coba memanfaatkan pasar kelas atas tersebut di kawasan Serang, Banten. Perumahan yang dikembangkan oleh developer Graha Mitra Sukses ini dikembangkan pada akhir 2010 dengan total pengembangan seluas 25 hektar. Dari total 680 unit rumah yang direncanakan, sebanyak 600 unit sudah diserahterimakan dan dihuni.

Belakangan, potensi pasar ini juga menarik Grup Ciputra untuk merambah kedua kawasan ini. Tak hanya di Serang namun juga Cilegon. Menggenapi portofolio yang sudah lebih dulu eksis di beberapa kota di Indonesia, Ciputra Group melalui anak perusahaannya, PT Ciputra Mitra Cipta meluncurkan CitraLand Puri Serang yang terletak di Jalan Raya Lingkar Selatan, Ciracas, Serang, sejak akhir 2014 lalu.

Tidak hanya di Serang, Ciputra Grup juga merambah Cilegon. Perumahan yang dibangun sejak 2013 itu diberi nama Citra- Garden BMW Cilegon. Berluas 68 Ha, Citra- Garden BMW didesain dengan konsep hunian Premium. Dalam pengembangannya, kawasan perumahan ini dibagi dalam tiga zona, yakni zona fasilitas, hunian, dan komersial. Untuk zona komersial dinamakan Citra Gateway seluas 5 ha. MPI Riz

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me