Yield Tinggi Investasi Apartemen di Kawasan Kampus (4)

Big Banner

Manager Colliers Indonesia Rizal Gobi mengatakan, saat ini pasar apartemen untuk mahasiswa menjanjikan. Hal tersebut dapat dilihat dari performa tiap apartemen di kota/daerah yang memiliki banyak universitas atau pendidikan tinggi.

“karena pada sisi permintaan, yang notabenenya adalah mahasiswa baru terus bertambah tiap tahunnya. Sehingga, trend ini kami perkirakan akan terus meningkat untuk tahun-tahun mendatang,” jelas Gobi.

Menurutnya, mayoritas atau sekitar 70% pembeli apartemen di kawasan kampus merupakan investor, sedangkan sisanya adalah end user atau orang tua yang membelikan apartemen untuk anaknya.

“Namun, komposisi ini tidak mutlak, seiring berjalannya waktu, proporsi end-user bisa mengecil seiring berakhirnya masa kuliah,” katanya. Selain itu, Gobi menambahkan, bahwa dengan membeli unit apartemen di lingkungan kampus, investor akan mendapat benefit dari 2 hal, yaitu capital gain dan yield return yang didapat dari harga sewa apartemen. Yield apartemen di daerah mahasiswa cukup tinggi, sekitar 8-9% per tahun, dengan asumsi selalu tersewa setiap tahunnya. Sedangkan potensi kenaikan harga (capital gain) untuk proyek apartement yang bisa menghasilkan yield sebesar yang disebutkan di atas paling tidak di atas 10%.

Misalnya, untuk harga apartemen senilai Rp300 juta, bisa disewakan dengan harga sekitar Rp24 juta – Rp27 juta. Setahun kemudian, bila keadaan ekonomi tidak memburuk, harga sewa apartemen bisa dinaikkan sekitar 10% sampai 15%. Namun, jika kawasan tersebut padat, maka kenaikan nilai sewa bisa mencapai 15%. “Hal inilah yang membuat investasi apartemen di sekitar kawasan kampus sangat prospektif,” ujar Gobi. RAG/MPI.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me