Yield Tinggi Investasi Apartemen di Kawasan Kampus (2)

Big Banner

Semarang

Menyandang predikat sebagai Ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang merupakan jumlah penduduk terbesar kelima di Indonesia, setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Semenjak tahun 2000, kontribusi yang dominan di kota lumpia ini meliputi sektor perdagangan, hotel dan restoran, yang diikuti industri pengolahan, sektor jasa, serta sektor peng angkutan dan komunikasi.

Sedangkan, sektor lainnya meliputi pertambangan, pertanian, bangunan, listrik dan gas. Di sisi lain, peluang Semarang juga tercipta karena menjadi salah satu destinasi utama bagi ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia yang ingin meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi di Semarang. Salah satu kawasan yang dikenal sebagai wilayah mahasiswa adalah kawasan Tembalang.

Hal ini tak terlepas dari perpindahan kampus Universitas Diponegoro (Undip) dari Pleburan ke Tembalang pada sekitar tahun 2010 lalu serta tingginya minat para mahasiswa yang mencari ruma kos eksklusif, namun harus kecewa karena terbatasnya pasokan.

Sebagai gambaran, total mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro saat ini tercatat sebesar 50 ribu mahasiswa dan setiap tahunnya menerima lebih dari 5000 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah. Yang menarik, dari 50 ribu mahasiswa tersebut, sekitar 20%-30% diantaranya berasal dari latar belakang keluarga level menengah dan menengah atas.

Mahasiswa-mahasiswa ini sebagian besar mencari rumah kos eksklusif yang aman dan nyaman sehingga dapat menunjang aktivitas belajar mereka. Ini baru dari Undip, belum perguruan tinggi lainnya seperti Politeknik Negeri Semarang, Poltekes Semarang, dan beberapa universitas lainnya.

Beberapa apartemen yang telah dan sedang dikembangkan di kawasan tersebut di antaranya, Bellini Tower, Royal D’Paragon, The Abimanyu, Tamansari Cendekia, Cordova Edupark Apartemen, serta The Alton Apartment. Selain konsep yang hampir seragam, harga yang ditawarkan apartemenapartemen ini juga mirip, dengan rerata di atas Rp13 juta per m2.

The Alton Apartment misalnya. Apartemen kedua besutan BUMN properti PT PP Properti, yang berlokasi di Tembalang, Semarang. Di atas lahan seluas 5500 m2 dan merangkum tiga tower dengan total 2000 unit apartemen. The Alton menawarkan dengan harga kisaran Rp350 juta untuk satu kamar dan Rp600 jutaan untuk dua kamar. Untuk saat ini, tower pertama yang merangkum 656 unit sudah ludes terjual dalam waktu singkat dan rencananya akan mulai diserahterimakan pada 2019 mendatang.

Saat ini, The Alton sedang bersiapsiap untuk memasarkan tower kedua yang rencananya diluncurkan pada April 2017.
(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com