Yield Tinggi Investasi Apartemen di Kawasan Kampus (1)

Big Banner

Dalam tiga tahun terakhir, pembangunan apartemen di kawasan kampus menjadi trend di kalangan pengembang. Selain gaya hidup, keberadaan mahasiswa yang tidak pernah sepi dan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya adalah pasar yang cukup menjanjikan. Tak heran, bila pertumbuhan hunian vertikaldi lingkungan kampus terus mengalami kenaikan yang signifi kan.

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Agustus 2017 mengulas secara lengkap. Disebutkan indekost atau mengontrak rumah adalah alternatif paling umum yang sejak dulu telah dilakukan para mahasiswa perantau yang tengah melanjutkan pendidikan tingginya di suatu daerah yang terbilang baru.

Selain lebih murah, tinggal di kost-kostan juga dapat menghemat biaya transportasi karena lokasi kost biasanya berada tidak jauh dari area se putaran kampus. Meski begitu, memilih hidup di kost memang bukanlah satu-satunya pilihan bagi para anak rantau tersebut.

Sebab, bagi mereka yang berasal dari keluarga mapan, umumnya memilih membeli rumah dengan harapan dapat ditinggali sekaligus investasi. Belakangan, investasi potensial di kawasan kampus ini juga mulai dilirik sejumlah pengembang dan menterjemahkannya dengan mengembangkan hunian yang lebih modern dan praktis berbentuk apartemen.

Senior Associate Director Col-liers International Indonesia Ferry Salanto, menuturkan, tumbuhnya apartemen di wilayah universitas tak terlepas dari bebagai faktor, selain lebih praktis dan lebih fleksibel bagi mahasiswa, biaya sewa apartemen yang tidak terpaut jauh dengan kos-kosan atau rumah yang berstandar tinggi.

“Menyewa apartemen buat mahasiswa menjadi menarik karena terkesan ekslusif, keamanan yang lebih baik dan tentunya masalah privasi yang lebih terjamin dibandingkan kost-kostan yang banyak mengatur masalah privasi,” ujar Ferry.

Ditambahkan jika developer dapat menentukan target yang tepat serta mampu memahami karakter kemauan mahasiswa, maka developer dapat de ngan mudah menawarkan dan menjual unit apartemennya kepada pembeli.

Pesatnya pertumbuhan apartemen yang menyasar mahasiswa saat ini dapat dengan mudah dilihat di beberapa kawasan yang menjadi basis kota pendidikan seperti Jakarta, Depok, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Depok misalnya. Depok adalah kota dengan penduduk berstatus mahasiswa yang terbilang besar.Tercatat, ada lebih dari 70 ribu mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas baik negeri maupun swasta tinggal di kota ini. Sebut saja, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Pancasila, serta Bina Sarana Informatika (BSI).

Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah dengan hadirnya belasan ribu mahasiswa baru setiap tahunnya. Sebagai contoh, salah satu universitas negeri terbesar, yaitu Universitas Indonesia saat ini memiliki lebih dari 47.166 mahasiswa dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun nongelar.

Sedangkan di tahun 2017 ini saja, UI menerima lebih dari 3000 mahasiswa. Penelusuran Properti Indonesia, saat ini tercatat ada lebih dari sepuluh proyek apartemen yang sudah dan tengah dibangun dengan lokasi yang saling berdekatan di Kota Depok. Beberapa apartemen, seperti Apartemen Margonda Residence I-V, Apartemen Taman Melati I dan II, Park View Condominium, Saladin Square, Atlanta Residence, Envancio Apartment, Adhigriya Pangestu Apartment, Pesona Square, Dave Apartment, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain konsep, harga yang ditawarkan apartemen-apartemen ini pun lumayan ketat, rata-rata di antara Rp18 juta-Rp 21 juta per meter2. Unit yang ditawarkan mulai tipe Studio (25,03 m2), satu kamar (32,21 m2), dua kamar (43,07 m2), tipe dual key (44,16 m2), dan tipe triple key (66,20 m2). Direktur Utama PT PP Properti Tbk.

Taufik hidayat, tak menampik, keberadaan berbagai perguruan tinggi membuat kawasan Depok, khususnya Margonda Raya sangat menjanjikan. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan proyek properti yang membidik segmen mahasiswa di wilayah ini, yang bertajuk apartemen Envancio.

Apartemen yang terdiri dari dua tower ini digarap di atas lahan seluas 5500m2 dengan tinggi 28 lantai, serta merangkum sekitar 1200 unit. Agar menjadi pembeda dengan apartemen yang sudah ada developer mengusung konsep hunian bebas narkoba.

Gimmick ini terbilang sukses. Pada perhelatan IPEX 2016 lalu, apartemen yang dibanderol mulai dari Rp400 jutaan sampai dengan Rp1,2 miliar ini terjual sebanyak 145 unit. Terbaru, pada Mei lalu, Ikatan Alumni (Iluni) UI memborong sebanyak 256 unit apartemen Evencio. Sampai saat ini, sebanyak 70 persen unit apartemen telah terjual sejak dipasarkan.

Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono mengaku pihaknya tertarik dengan konsep pembangunan apartemen tersebut yang mengangkat tema anti-narkoba.”Bukan sekadar konsep fisik, tapi juga non fisik. Untuk pertama kalinya ada konsep hunian apartemen di Depok yang kritis dengan narkoba, ini oase ada apartemen itu di sini,” kata Arief.

Selain PP Properti, pengembang PT Graha Loka Pangestu juga turut mencoba peruntungannya di kota mahasiswa ini.

Di atas lahan seluas 2.112 m2, apartemen bertajuk Adhigriya Pangestu atau Female Apartment ini, terdiri dari satu tower setinggi 24 lantai dan merangkum sebanyak 551 unit. Unit-unit yang ditawarkan mulai dari luas 25 m2-39 m2, dengan harga mulai dari Rp500 jutaan.

Sama halnya dengan Envancio Apartment, Apartemen Adhigriya Pangestu juga mengusung konsep yang berbeda, yakni sebagian besar penghuni diperuntukkan untuk wanita. Gimmick ini ditujukan untuk menarik sebagian kalangan, terutama orang tua yang ingin menyekolahkan anak perempuannya di universitas-universitas di kawasan Depok dan sekitarnya.

Ada tiga tipe unit yang ditawarkan di Female Apartment, yakni Azzalea (single bed seluas 26 m2), Blossom (two beds seluas 30 m2), dan Chrysant (1 bedroom seluas 41 m2). Harga yang dibanderol sekitar Rp22 juta per meter persegi.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com