Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Big Banner
London, Inggris (Rumah123/iStockphoto)

Masyarakat dunia dikejutkan dengan serangan teroris di Barcelona, Spanyol pada Kamis (17/8/2017) lalu. Teroris memakai dua cara, meledakkan bom dan menabrakkan kendaraan.

Dalam insiden yang melibatkan kendaraan ini, teroris menabrakkan mobil ke arah orang-orang yang sedang berada di La Rambla, kawasan yang populer di kalangan turis. Sebanyak 13 orang tewas dan 130 orang lainnya terluka.

Baca juga: Kenaikan Capai Dua Digit, Pertumbuhan Pasar Hunian Mewah Melambat

Insiden ini membuat sejumlah pemerintah kota di Eropa berinisiatif untuk memasang pagar pembatas di kawasan tempat publik berkumpul guna melindungi dari serangan teroris.

Serangan terhadap kawasan publik bukan sekali terjadi di Eropa. Sebelumnya, serangan serupa terjadi di Nice (Prancis), Berlin (Jerman), dan London (Inggris) dalam kurun waktu 18 bulan terakhir.

Baca juga: Tujuh Tahun Beruntun Jadi Kota Paling Nyaman di Dunia, Kota Apa Sih?

Arsitek asal Italia, Stefano Boeri menyarankan kalau ide pemasangan pagar pembatas dari beton harus dihindari. Dia memberikan ide untuk menanam pohon besar atau tanaman ketimbang pagar beton.

Kebetulan, Boeri memang dikenal sebagai arsitek yang sering mendesain bangunan dengan penuh tanaman dan pohon.

Baca juga: Milenial Pilih Tinggal di Kawasan Sub Urban, Nah Begini Dong!

“Kita tidak bisa melihat ribuan lapangan atau ruang publik yang ada di ratusan kota Eropa berubah menjadi titik pemeriksaaan zona perang, kalau memahami kalau hanya sekian persen dari lapangan ini akan diserang teroris,” ujar Boeri kepada laman desain dan arsitektur Dezeen.

“Ada beberapa tanaman yang memiliki ketahanan seperti beton, malah kalau pohon bisa menjadi tempat berteduh, menyerap debu, menghilangkan polusi dan karbondioksida, menghasilkan oksigen, dan menjadi rumah bagi burung,” lanjut Boeri.

Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

Arsitek berusia 60 tahun ini percaya kalau menanam pohon akan terintegrasi dengan plaza, monumen serta arsitekturnya. Ada pohon menjadi tambahan ketimbang merusak desain.

Hmm, benar juga ya kata arsitek senior ini. Kalau ada tempat publik sebaiknya tetap dipertahankan keindahannya. Pohon dan tanaman bisa jadi solusi ketimbang memasang pagar beton. Yuk, tanam pohon buat melawan teroris.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me