Akses Jalan Kota Baru Maja Segera Dibangun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) akan membentuk satuan tugas (satgas) khusus Kota Baru Publik Maja (10.000 ha) di Maja, Lebak-Banten. Pembentukan satgas itu untuk memacu percepatan pengembangan Kota Baru Publik Maja yang terintegrasi yang merupakan program resmi pemerintahan Jokowi dan sudah disepakati dengan semua pemerintah daerah yang terlibat untuk dikembangkan sejak Agustus tahun lalu.

Ilustrasi perumahan di Maja | Sumber : citramaja.com

Ilustrasi perumahan di Maja | Sumber : citramaja.com

“Satgas khusus ini diperlukan untuk mengelola pembangunan Kota Baru Publik Maja yang terintegrasi, sehingga memudahkan mewujudkan rencana aksi yang telah kita susun untuk pengembangannya. Kita harapkan pengembangan kota baru itu bisa dipercepat,” kata Rido Matari Ichwan, Kepala BPIW Kemenpupera, saat rapat koordinasi strategi percepatan pengembangan Kota Baru Publik Maja di Jakarta, akhir pekan lalu.

Kemepupera, lanjutnya, akan selalu fokus dan menjadikan pengembangan kota baru itu sebagai prioritas dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah), karena akan berkontribusi besar terhadap Program Pembangunan Sejuta Rumah. Dalam waktu dekat pembangunan akses jalannya akan direalisasikan. Saat ini lahan dan perizinan pembangunannya sudah beres.

Studi kelayakan akses jalan tengah dilakukan di Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Kemenpupera. Sekarang tengah disusun detail engineering drawing (DED) yang akan segera keluar akhir tahun ini.

Kepala Bidang Penataan Ruang dan Kawasan Strategis Real Estat Indonesia (REI) Hari Gani berharap, studi kelayakan trase jalan akses Maja itu melibatkan kalangan pengembang. “Dengan begitu kami bisa menyusun site plan di area masing-masing. Kita tahu pembangunan jalan sangat memengaruhi pergerakan harga tanah,” katanya.

Pengembangan Kota Baru Maja melibatkan banyak pemerintah daerah dan pengembang karena luasnya skala pengembangan. Yang telah meneken kerja sama melalui Kemenpupera antara lain Pemprov Banten, Pemkab Bogor, Lebak, Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sementara pengembang properti antara lain Perum Perumnas, PT Nusa Graha Perkasa, PT Hanson International, dan PT Mitra Abadi Utama.

housing-estate.com