Kalau Kamu Ikut Antri Diskon Sepatu, Kamu Mau Antri Beli Properti Juga Ga?

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Video orang-orang yang memburu sepatu saat pesta diskon sepatu ternama di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta menjadi viral. Ratusan orang menyerbu gerai sepatu.

Sebelumnya, pesan berantai sudah beredar di media sosial perihal diskon sepatu olah raga. Diskonnya bisa mencapai 90 persen.

Baca juga: Hidup Ala Keluarga Kerajaan, Kamu Mau Juga Kan?

Banyak orang yang tertarik lantaran merupakan produk dan merek sepatu ternama yang dijual dengan diskon besar. Siapa yang nggak tertarik? Mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini juga ikut antri diskon sepatu.

Apakah orang memang gampang tertarik diskon? Laman berita Tirto melansir riset yang dilakukan oleh Mumbrella di Asia pada 2015. Mereka yang suka merek top di Indonesia, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Tiongkok mengikuti media sosial sebuah merek top karena mengincar diskon dari pada melihat konten terbaru.

Baca juga: Beli Rumah Rp2,2 Triliun, Bonus Taman 42 Hektar dan Pantai? Wow Banget!

RetailMeNot melakukan riset serupa pada 2013 yang menyatakan kalau 51 persen dari 10.009 responden lebih terpengaruh oleh diskon, tawaran, dan obralan dari pada berbelanja online.

Paul J. Zak yang merupakan profesor Neuroconomic menemukan kalau orang yang mendapatkan kupon diskon bisa berpengaruh terhadap tingkat kebahagiaan, kesehatan, dan stres seseorang.

Baca juga: Wah, Villa Mewah Donald Trump Turun Harga 40 Persen! Ayo, Beli Dong

Seseorang yang mendapatkan kupon potongan harga 10 dollar AS (Rp131 ribu), memompa kadar oksitosin (hormon yang meningkatkan rasa bahagia) sebanyak 38 persen. Orang ini juga akan lebih bahagia 11 persen dari orang yang tidak menerima kupon.

Tingkat pernapasan pun turun 32 persen, detak jantung turun 5 persen, dan tingkat keringat 20 kali lebih rendah. Hal ini membuat orang lebih rileks dan berkurang stresnya. Jadi secara psikologis, diskon berdampak bagus bagi tubuh manusia ya.

Baca juga: Investasi Properti Memang Ga Pernah Rugi, Masih Belum Ikutan Nih?

Nah, kalau sepatu yang harganya bisa satu juta sepasang ini saja kamu mau antri, bagaimana dengan properti? Apakah kamu ikut antri juga kalau ada pameran properti?

Oke, properti memang barang mahal, tentunya lebih mahal dari sepatu. Meski dalam kasus tertentu, ada sepatu yang berbandrol 3 juta dollar AS (Rp39 miliar). Bahkan, sepatu olah raga Air Jordan bisa bernilai 60.000 dollar AS (Rp787 juta).

Baca juga: Bosan Bekerja, Mau Pensiun Dini? Sudah Investasi Properti Belum?

Namun, investasi properti tentunya lebih umum dan familiar dibandingkan investasi lainnya. Harga tanah dan properti terus naik dari waktu ke waktu. Bahkan, laman properti Mansion Global pernah mencatatkan kalau ada kenaikan harga properti di beberapa kota di Tiongkok bisa di atas 30 persen per tahun!

Kalau kamu mau meluangkan waktu untuk berburu sepatu berharga jutaan, kenapa kamu nggak melakukan hal yang sama untuk berburu properti? Sudah banyak perusahaan pengembang dan perbankan yang menawarkan kemudahan bagi konsumen.

Baca juga: Trek Lari di Atas Apartemen? Wah, Mau Banget Dong Tinggal di Sini

Ketimbang kamu hidup konsumtif, menghabiskan uang untuk beli sepatu mahal (kecuali kamu kolektor dan investor ya), mendingan kamu menabung uang kamu untuk berinvestasi properti.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me